Pelatihan Penyusunan, Pengawasan Berjenjang dan Advokasi Qanun di Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara

Ahmad Yani, Maryam Maryam, Asrul Fahmi, Mauludi Mauludi, Syamsuddin Syamsuddin, Ti Aisyah

Abstract


Pelatihan penyusunan, pengawasan berjenjang dan advokasi qanun gampong dapat menciptakan pemerintahan yang baik perlu adanya penguatan kelembagaan, berkompeten dalam penyatuan visi dan misi bersama, memiliki satu kepahaman dalam pengawsan berjenjang, mulai dari tingkat gampong di awasi oleh tuha peut, tingkat kecamatan diawasi oleh camat dalam penguatan dibutuhkan komitmen bersama dan pemikiran setara dan diperlukan tingkat pemahaman bersama dalam penyusunan, pengawasan berjenjang dan advokasi qanun gampong di Kecamatan Nisam.

Keywords


Qanun, pengawasan berjenjang, advokasi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N., Wahid, U., Kuswanti, S., Hidayati, T., & others. (2023). Menelusuri Lanskap Kontemporer: Muslimat Al Washliyah dalam Islam dan Masyarakat. YPM Publishing.

Alidar, E. M. K. (2023). Peluang dan Tantangan Penerapan Qanun Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah. Dinas Syariat Islam Aceh.

Asiah, N. (2017). Respon dan Partisipasi Masyarakat Sipil terhadap Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh Jaringan Masyarakat Sipil Peduli Syariat. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Deni, A. (2023). KEBIJAKAN PUBLIK (FORMULASI, IMPLEMENTASI, EVALUASI, DAN ANALISIS). Cendikia Mulia Mandiri.

Ilhamna, P., & others. (2019). Tata Kelola Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Berbasis Syariah (Studi pada BUMG Desa Meunasah Mon Cut Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Jaroe, P., & Harmoni, P. M. M. (n.d.). dalam Masyarakat Aceh.

Julia, I., & others. (2020). Peran Flower Aceh Dalam Mengurangi Angka Kekekrasan Terhadap Perempuan Di Dalam Masyarakat Aceh. UIN Ar-Raniry.

Mahardhani, A. J. (2018). Advokasi Kebijakan Publik. Calina Media.

Nazaruddin, A. W. (2020). LAPORAN PENELITIAN.

Nuraisyah, N., Mangngasing, N., Nasrullah, N., & Haryono, D. (2022). Sosialisasi Penguatan Sistem Administrasi Di Desa Kanuna Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi. Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS), 1(3), 101–106.

Pelu, I. E. A. S., & Tarantang, J. (2020). Gagasan pengaturan poligami dalam rancangan Qanun hukum keluarga di Aceh (respon lembaga agama dan masyarakat di Indonesia).

Pelu, I. E. A. S., & Tarantang, J. (2021). Hukum Perkawinan (Politik Hukum-Legislasi Rancangan Qanun Aceh. K-Media.

Putera, R. E., Valentina, T. R., & Dermawan, R. (2021). Membangun Nagari Talang Anau melalui Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Nagari. Warta Pengabdian Andalas, 28(1), 44–50.

Sofianto, A. (2019). Inovasi Manajemen Pemerintahan Berbasis Aplikasi Digital di Provinsi Jawa Tengah. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 3(2), 99–108.

Wahyudi, A., Nazri, M., & others. (2023). Strategi Partisipasi Masyarakat dalam Proses Kebijakan di Dalam Proses Pemerintahan. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(4), 150–157.

Wibisono, M. Y., Kodir, A., Setia, P., & others. (2024). Idealisasi dan rencana aksi Moderasi Beragama di kalangan mahasiswa Teologi berbeda agama di Indonesia. Gunung Djati Publishing.

Wijaya, S. H. (2022). Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo Tentang Penyelenggaraan Pendidikan (Untuk Mengganti Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Kabupaten Wonosobo). Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia).

Winardi, W. (2021). Hukum Pelayanan Publik: Berbasis Partisipasi & Keterbukaan Informasi. LECTURER REPOSITORY.

Yasih, D. W. P. (2023). Mediatisasi Politik pada Masa Pandemi di Indonesia yang Neoliberal. Kepustakaan Populer Gramedia.

Zuhro, R. S. (2018). Demokrasi, otonomi daerah dan pemerintahan indonesia. Interaktif: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 1–28.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.12532755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Yani, Maryam Maryam, Asrul Fahmi, Mauludi Mauludi, Syamsuddin Syamsuddin, Ti Aisyah