Pendampingan Sistem Informasi Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Lhokseumawe

Mutammimul Ula, Salahuddin Salahuddin, Syukriah Syukriah, Emi Maulani, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh sekolah dan guru dalam meningkatkan literasi digital peserta didik di era digital yang kemudian materi yang diberikan dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Penggunaan dalam pengbdian ini pada literasi digital untuk dapat melihat kemampuan dalam menggunakan media, alat, dan komunikasi digital secara efektif dan bertanggung jawab. Kemudian materi yang disampaikan dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Teknik pengabdian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan studi literatur yang kemudian diberikan kepada siswa. Hasil pengbdian ini menunjukkan bahwa pihak sekolah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan literasi digital peserta didik, seperti menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang memadai, mengintegrasikan teknologi informasi dalam kurikulum dan media pembelajaran, memberikan pelatihan dan bimbingan kepada guru dan siswa, serta mengembangkan budaya literasi digital di lingkungan sekolah. Selanjutnya pengabdian ini memberikan pengetahuan Teknik dalam memahami pendampingan sistem informasi digital untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Pengabdia ini merekomendasikan agar sekolah terus meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya literasi digital, serta melakukan evaluasi dan pengembangan secara berkelanjutan untuk menghadapi tantangan dan peluang di era digital yang semakin penting kedepannya.


Keywords


literasi digital; sekolah; strategi; era digital;

Full Text:

PDF

References


Ansyah, A. B., Wahid, M., & Hartati, H. (2021). Pendampingan Pengembangan Desa Digital Melalui Komuitas Pemuda Di Desa Pematang Jering Kabupaten Muaro Jambi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13–19.

Azizah, C. P. N., & Subiyantoro, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Menunjang Mutu Pendidikan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1), 11–28.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Hasan, M., Warisno, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro. An Naba, 5(2), 34–54.

Hasibuan, A., Setiawan, A., Daud, M., Siregar, W. V., Baidhawi, B., Hendrival, H., Kurniawan, R., & Safina, P. A. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Variasi Pembelajaran Online di Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(2), 62–67.

Irmayani, D., & Munandar, M. H. (2020). Sistem Informasi Pengelolaan Data Siswa Pada Sma Negeri 02 Bilah Hulu Berbasis Web. Informatika, 8(2), 65–71.

Jonassen, D. H. (2000). Computers as mindtools for schools: Engaging critical thinking. (No Title).

Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi di masa pandemi covid 19. Tematik, 7(1), 38–50.

Lestari, P. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Smk Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 5(1), 61–68.

Lovita, E., Susanty, F., & others. (2021). Peranan Pemahaman E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Bagi Kewirausahaan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 47–54.

Maizuar, M., Hasibuan, A., Putri, R., Ezwarsyah, E., Muhammad, M., & Zulnazri, Z. (2022). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(1), 26–29.

Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. In Psychology of learning and motivation (Vol. 41, pp. 85–139). Elsevier.

Nur’Aini, D., & Nikmah, C. (2020). Pengaruh penguasaan teknologi informasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 250–266.

Piaget, J. (1970). Piager’s theory (translated by G. Gellerier & J. Langer). P. H. Mussen (Ed.), Carmichael‘s Manualof.

Rahmadi, F., Munisa, M., Rozana, S., Rangkuti, C., Ependi, R., & Harianto, E. (2021). Pengembangan manajemen sekolah terintegrasi berbasis sistem informasi di sumatera utara. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 96–109.

Ronaldo, M., & Pasha, D. (2021). Sistem Informasi Pengelolaan Data Santri Pondok Pesantren an-Ahl Berbasis Website. Telefortech: Journal of Telematics and Information Technology, 2(1), 17–20.

Siregar, W. V., Hasibuan, A., Daud, M., Rafif, M., Hidayatullah, F., Lapara, M. I., & Qausar, M. (2022). Edukasi Sustainable Business Dan Social Economic Environment Masyarakat Di Pulau Balai Kepulauan Banyak. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(2), 86–89.

Siregar, W. V., Hasibuan, A., & Nurdin, M. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Daring Untuk Membanguan Generasi Hebat. Jurnal Vokasi, 5(2), 86–90.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mutammimul Ula, Salahuddin, Syukriah, Emi Maulani, Burhanuddin