Kegiatan Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Perkoperasian Serta Kapasitas dan Kompetensi SDM Koperasi Pemerintahan Kabupaten Pidie Jaya

Sapna Biby, Yurina Yurina, W Wahyuddin

Abstract


Permasalahan kompetensi sumber daya manusia pada koperasi dan usaha kecil menengah merupakan masalah serius yang harus dicari solusinya karena akan sangat berdampak pada keberlanjutan organisasi. Salah satu upaya Dinas Koperasi dan UMKM adalah melakukan berbagai macam penguatan kompetensi sumber daya manusia bagi pengurus koperasi dan pelaku usaha kecil menengah dari berbagai aspek. Usaha yang dilakukan antara lain berkaitan dengan pengembangan usaha, pemahaman akuntansi dan keuangan serta hal-hal khusus yang dibutuhkan koperasi dan pelaku usaha kecil dan menengah. Tujuan dan sasaran dari pelaksanaan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Koperasi dan Usaha Kecil Menengah adalah untuk meningkatkan kemampuan SDM pengelola koperasi dan pelaku usaha kecil menengah agar mampu memberikan pelayanan prima kepada anggota serta mengembangkan usaha secara berkelanjutan. Pelatihan serta bimbingan teknis ini memerlukan partisipasi aktif pengurus koperasi dan pelaku usaha kecil menengah khususnya serta masyarakat pada umumnya, dibantu oleh berbagai lembaga yang berkaitan agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai.


Keywords


Koperasi; Usaha Kecil Menengah; Kompetensi SDM;

Full Text:

PDF

References


Barat, D. J. (2021) ‘J urnal ilmiah abdimas’, 2(1), pp. 1–6.

Dasuki, R. E. (2018) ‘Kajian Good Corporate Governance Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah’, Jurnal Study and Management Research, 15(1), p. 53. doi: 10.55916/smart.v15i1.9.

Kristanti, D. and Lestari, R. (2019) ‘Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi (Studi di UD. Pratama Karya Kota Kediri)’, Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 4(2), pp. 107–116. doi: 10.29407/nusamba.v4i2.13808.

Sundström, P. and Zika-Viktorsson, A. (2009) ‘Organizing for innovation in a product development project. Combining innovative and result oriented ways of working - A case study’, International Journal of Project Management, 27(8), pp. 745–753. doi: 10.1016/j.ijproman.2009.02.007.

https://www.bi.go.id/id/umkm/default.aspx

https://www.jurnal.id/id/blog/apa-itu-arti-yang-dimaksud-pengertian-umkm-artinya-adalah/

https://koperasi.bappenas.go.id/portal/portal/index7f12.html?page=koperasiindonesia

http://diskopukm.kalteng.go.id/asset/files/PEMBENTUKAN_KOPERASI.pdf

https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/pengembangan-sumber-daya-manusia-sdm/Secara/garis/besar/pengertian/Sumber,harus/dilatih/dan/dikembangkan/kemampuannya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sapna Biby, Yurina Yurina, W Wahyuddin