Pelatihan Pencatatan dan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Pedagang Rujak Di Lokasi Wisata Ujong Blang Kota Lhokseumawe

R Ristati, Z Zulham, Chairil Akhyar, C Chalirafi

Abstract


Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan keuangan kepada pelaku usaha pedagang rujak tentang bagaimana pencatatan dan pembuatan pembukuan sederhana sehingga pelaku usaha nantinya mampu memisahkan kas pribadi dan kas usahanya, mampu membuat pencatatan keuangan yang benar, memahami dan mampu membuat pembukuan sederhana hingga mengetahui prosedur laporan keuangan dan mampu membuat laporan keuangan. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara membuat pelatihan pencatatan dan pembukuan sederhana bagi pelaku usaha pedagang rujak di lokasi wisata Pantai ujung Blang Kota Lhokseumawe. Metode ini terbagi menjadi tiga tahap, yakni tahap awal interview dan observasi lapangan, tahap kedua adalah pelaksanaan pelatihan, serta tahap akhir yaitu Pendampingan sekaligus monitoring. Berdasarkan pengamatan mengenai tingkat pemahaman peserta pelatihan, bahwa 90% peserta pengabdian memahami tentang pentingnya melakukan pencatatan dan pembukuan sederhana ini. Hasil yang diperoleh dari   kegiatan   ini   adalah   dapat   meningkatkan  pengetahuan   dan   keterampilan   dalam menjalankan usahanya melalui pembukuan/pencatatan sederhana yang mudah diaplikasikan sehingga meningkatkan motivasi dalam bekerja. 


Keywords


Pelatihan; Pencatatan; Pembukuan Sederhana; Pedagang; Wisata;

Full Text:

PDF

References


Sudana, I Made. (2012). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik: Erlangga. Jakarta.

Chairia, C. et al. (2021) ‘Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Umkm Pancur Batu Di Desa Baru Kecamatan Pancur Batu’, SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), p. 323. doi: 10.31764/jpmb.v5i1.6439.

Maulani, T. S., Dialysa, F. and Prawirasasra, K. P. (2016) ‘Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana dan Motivasi Kewirausahaan Pada Kelompok Usaha Makanan RW 02 Kelurahaan Neglasari Kecamatan CIbeunying Kaler Bandung’, Jurnal Dharma Bhakti STIE Ekuitas, 01(01), pp. 32–37.

Musran Munizu (2010) ‘Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan’, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12(1), p. pp.33-41. Available at: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/17987.

Nurlinda and Sinuraya, J. (2020) ‘Potensi UMKM Dalam Menyangga Perekonomian Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Literatur’, Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan 2020, pp. 160–175. Available at: https://feb.untan.ac.id/prosiding-satiesp-2020/.

Wika Undari, Anggia Sari Lubis (2021) ‘Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat’, Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), pp. 32–38. doi: 10.32696/jp2sh.v6i1.702.

Munizu, M. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan.

Rahmana, A. (2008). Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Informasi Terdepan tentang Usaha Kecil Menengah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Nurlida, & Sinuraya, J. (2020). Potensi UMKM Dalam Menyangga Perekonomian Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan 2020, 73.

Rahmat, J., & Suryakancana. (2016). Masalah yang dihadapi Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Kajian dan Riset Manajemen Profesional, 2(6), 15–34.

Sembiring, Y., & Elisabeth, D. M. (2018). Penerapan Sistem Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Manajemen, 4(2), 89–101. Diambil dari https://eresources.perpusnas.go.id:2089/id/public ations/271129/penerapan-sistemakuntansi-pada-usaha-mikro-kecil-danmenengah-di-kabupaten-toba


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ristati, Zulham, Chairil Akhyar, Chalirafi