Dioda Utra Bright Sebagai Bahan Pembuatan Lampu Hemat Energi di MAS Ihyaussunnah Muhammadiyah Lhokseumawe

A Asran, Misbahul Jannah

Abstract


Energi listrik sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kebutuhan sehari-hari (Suryanto & Rijanto, 2019). Hal ini bisa dilihat dari segala aktifitas makhluk hidup yang selalu menggunakan energi listrik untuk kebutuhan sehari hari (Meilyarto, 2020). SMA Muhammadiyah merupakan Sekolah Swasta yang berada di bawah Yayasan Muhammdiyah (Mr, 2021). Rata – rata siswa yang belajar di sekolah tersebut adalah penghuni dari Panti Asuhan Muhammadiyah Lhokseumawe. Jumlah siswa di sekolah ini tidak terlalu banyak. Akan tetapi penggunaan akan energi listrik sangat boros terutama dari lampu penerangan. Ini disebabkan letak bangunan yang tidak menghadap matahari, baik sinar matahari pagi maupun sore sehingga intensitas cahaya alami kurang. Maka dari itu perlu pengatasi permasalah di sekolah tersebut yaitu penggunaan energi listrik yang teralalu boros dan mengajarkan penggunaan dari salah satu komponen aktif yaitu dioda ultra bright yang mereka pelajari di mata pelajaran Fisika sebagai bahan pembuatan lampu hemat energi (Watiningsih et al., 2014). Tujuan dari kegiatan pengabdian pemberdayaan masyarakat ini adalah bagaimana cara menghemat energi listrik dengan cara menggunakan lampu hemat energi yang dibuat dari dioda ultra Bright. Dalam melaksanakan kegiatan ini metode yang digunakan adalah metode tutorial dan cara perancangan pembuatan lampu hemat energi. Hasil luaran yang ditargetkan dari kegiatan ini adalah terjadinya penghematan energi di sekolah tersebut dan siswa bisa membuat lampu hemat energi dari komponen aktif. Salah satunya adalah dengan menggunakan lamput hemat energi. Dipasaran banyak terdapat lampu hemat energi. Lampu hemat energi  bisa di buat dari dioda ultra bright.


Keywords


lampu hemat energi; dioda ultra bright; hemat energi;

Full Text:

PDF

References


Appandi, H. (2012). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Sma Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun 2011/2012). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Denis, D., Setiawan, A. A., & Sarwadi, A. (N.D.). Skenario Manajemen Energi Rendah Emisi Sektor Rumah Tangga Untuk Mengurangi Emisi Gas Co2 Di Kota Semarang. Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 18(1), 1–7.

Fitriana, D. M. (2016). Pengembangan Model Simulasi Dinamis Kebutuhan Dan Pasokan Energi Listrik Sektor Rumah Tangga Studi Kasus Jawa Timur. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Hasibuan, A., Siregar, W. V., Ezwarsyah, E., & Kurniawan, R. (2021). Audits For The Use And Strategic Of Energy Efficiency On The Campus Bukit Indah Of Malikussaleh University. Andalasian International Journal Of Applied Science, Engineering And Technology, 1(02), 47–58.

Hatta, M. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Muhammadiyah 3 Lhokseumawe. Pascasarjana Uin Sumatera Utara.

Indonesia, K. L. N. R. (2012). Krisis Energi. Target, 4, 2.

Jannah, M. (2019). Memperkenalkan Energi Terbarukan Menggunakan Panel Surya Bagi Pelajar Smp It Bunayya Lhokseumawe Guna Menuju Lingkungan Mandiri Energi. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 3(1).

Meilyarto, A. G. (2020). Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Manfaat Menghemat Energi Listrik Pada Lingkungan Tempat Tinggal Melalui Media Poster. Universitas Komputer Indonesia.

Mr, A. (2021). Penerapan Strategi Cognitive Restructuring Dengan Menggunakan Konseling Individu Untuk Menurunkan Prilaku Bullying Di Sma Muhammadiyah 1 Pamekasan. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Nugraha, Y. T., Zambak, M. F., & Hasibuan, A. (2020). Perkiraan Konsumsi Energi Listrik Di Aceh Pada Tahun 2028 Menggunakan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Cess (Journal Of Computer Engineering, System And Science), 5(1), 104–108.

Sanatra, D., Hardi, S., & Hasibuan, A. (2022). Strategi Peningkatan Efisiensi Penggunaan Energi Listrik Melalui Sikap Pelaku Di Politeknik Tanjung Balai. Rele (Rekayasa Elektrikal Dan Energi): Jurnal Teknik Elektro, 4(2), 116–121.

Siregar, W. V., Hasibuan, A., & Nurdin, M. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Daring Untuk Membanguan Generasi Hebat. Jurnal Vokasi, 5(2), 86–90.

Siregar, W. V., & Others. (2019). Prakiraan Kebutuhan Energi Listrik Kota Subulussalam Sampai Tahun 2020 Menggunakan Metode Analisis Regresi. Rele (Rekayasa Elektrikal Dan Energi): Jurnal Teknik Elektro, 1(2), 57–61.

Suryanto, M. J. D., & Rijanto, T. (2019). Rancang Bangun Alat Pencatat Biaya Pemakaian Energi Listrik Pada Kamar Kos Menggunakan Modul Global System For Mobile Communications (Gsm) 800l Berbasis Arduino Uno. Jurnal Teknik Elektro, 8(1).

Watiningsih, T., Nursuwening, Y., & Am, R. S. (2014). Microcontroller Sebagai Pengendali Waktu Penyiraman Pada Tanaman Buah-Buahan Sistem Tabulapot. Jurnal Teknologi Technoscientia, 60–69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 A Asran, Misbahul Jannah