Penyuluhan Tentang Rumah Sehat Bagi Masyarakat Desa Ujong Blang Kota Lhokseumawe

D Deni, Effan Fahrizal, H Hendra, Sisca Olivia, Erna Muliana, N Nasruddin

Abstract


Rumah sebagai tempat tinggal merupakan wadah dimana manusia memulai kehidupan dari lahir hingga tua, tempat berkembang tubuh dan mental hingga dimana rumah menjadi wadah yang berpengaruh dalam proses kualitas hidup manusia. Paradigma masyarakat terhadap fisik rumah pada umumnya hanya terorientasi pada faktor estetika seperti gaya, keindahan, dan keunikannya. Ternyata lebih dari itu, kondisi fisik rumah yang baik akan memberikan nilai kesehatan yang baik pula bagi fisik dan psikis penghuninya. Kegiatan ini hanya terorientasi memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang rumah sehat secara fisik yang terlingkup dalam kebutuhan luas ruang minimal tempat tinggal, sirkulasi udara, penerangan, air bersih dan air kotor, dan pembuangan sampah. Oleh karena terbatasnya kesempatan dan luasnya pengetahuan tentang rumah sehat dalam ilmu arsitektur, aspek tersebut merupakan pengetahuan dasar minimal yang dapat diberikan pada kegiatan kali ini.


Keywords


Rumah Sehat; Ceramah; Leaflet;

Full Text:

PDF

References


Wibisono, Arif Fajar, and A. Khairul ISSN 2089-3086 Huda. (2014). “Upaya Peningkatan Pengetahuan Rumah Sehat Bagi Keluarga.” Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan 3(1): 17–20.

Kementrian PUPR. (2016). Dasar Dasar Rumah Sehat. 1st ed. Jakarta: Kementerian pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dharmayanti, I., D.H. Tjandrarini, P.S. Hidayangsih, and O. Nainggolan. (2018). “Pengaruh Kondisi Kesehatan Lingkungan dan Sosial Ekonomi Terhadap Kesehatan Mental di Indonesia.” Jurnal Ekologi Kesehatan 17(2): 64–74.

Putranto, A.Y., A. Fitriangga, and D.F. Liana. (2012). “Promosi Kesehatan Dengan Metode Peer Education Terhadap Pengetahuan Demam Berdarah Dengue (DBD) Siswa SMA.” Jurnal Vokasi Kesehatan 1(2): 39–44.

Aisah, S, J Sahar, and S.P Hastono. (2008). “Pengaruh Edukasi Kelompok Sebaya Terhadap Perubahan Perilaku Pencegahan Nemia Gizi Besi Pada Wanita Usia Subur Di Kota Semarang.” Jurnal Keperawatan 2(1): 35–44.

Mardhiah, A., A. Abdullah, and Hermansyah. (2015). “Pendidikan Kesehatan Dalam Peningkatan Pengetahuan , Sikap Dan Keterampilan Keluarga Dengan Hipertensi - Pilot Study Health Education in the Improvement of Knowledge , Attitude and Practice in the Family with Hypertension – a Pilot Study Hipertensi Data D.” Jurnal Ilmu Keperawatan 3(2): 111–21.

Prasetyawati, I, and T.P. Sari. (2013). “Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 9(November): 141–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 D Deni, Effan Fahrizal, H Hendra, Sisca Olivia, Erna Muliana, N Nasruddin