Pelatihan Persilangan Tanaman Anggrek Bagi Komunitas Pecinta Anggrek Dataran Tinggi Gayo Provinsi Aceh

Rd Selvy Handayani, Ismadi Ismadi, Usnawiyah Usnawiyah, Muhammad Yusuf N, Zurahmi Wirda, Aufa Inayatillah

Abstract


Tanaman hias merupakan salah satu peluang bisnis yang memiliki prospek yang sangat baik termasuk anggrek. Tanaman anggrek merupakan tanaman hias yang banyak ditanam di halaman rumah oleh masyarakat di Dataran Tinggi Gayo. Masyarakat memiliki pengetahuan yang minim dalam melakukan budidaya dan perbanyakan tanaman. Salah satu teknik perbanyakan yang dapat dilakukan pada tanaman anggrek adalah teknik persilangan. Teknik ini perlu dilakukan guna menghasilkan tanaman dalam jumlah yang lebih banyak dan juga dapat menghasilkan jenis tanaman baru yang memiliki sifat berbeda dengan induknya. Tanaman jenis baru ini biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Dataran Tinggi Gayo tentang teknik perbanyakan vegetatif dan persilangan tanaman anggrek. Kegiatan ini dilakukan di aula Dinas Pangan Kabupaten Aceh Tengah dari bulan September samapai November 2022. Kegiatan meliputi penyuluhan, pelatihan dan evaluasi hasil pascapelaksanaan kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi pengingkatan pemahaman dan ketrampilan masyarakat tentang teknik budidaya dan persilangan tanaman anggrek bagi peserta pelatihan. Komunitas pecinta anggrek Dataran Tinggi Gayo sudah mampu melakukan penyerbukan silang buatan pada bunga anggrek.


Keywords


Aklimatisasi; Bunga; Penyerbukan; Persilangan

Full Text:

PDF

References


Handayani, R.S., Ismadi, Khaidir, Aryani, D.S., Wirda, Z., Usnawiyah. (2022). Pemberdayaan Kaum Ibu Melalui Kegiatan Budidaya dan Pengolahan Jamur Tiram di Aceh Utara. Global Science Society: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 92–99.

Handayani, R.S., Ismadi, I., & Kasmiran, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembuatan Jerami Fermentasi untuk Pakan Ternak Sapi di Kecamatan Muara Batu Aceh Utara. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 42–48.

Ismadi, Nasruddin, Handayani, R.S., Liwanza, N., Sajadah, Ningrum, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Teknologi Kultur Jaringan Tanaman Skala Rumah Tangga Komunitas Gayo Pecinta Anggrek Provinsi Aceh. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(3), 111-116.

Khaidir, Usnawiyah, Hendrival, Hafifah, Dewi E.S, Yusuf M.N, Wirda Z. (2021). Sorgum sebagai pangan alternatif dan sumber energi terbarukan untuk kemandirian pangan dan energi. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 5(2) : 151 – 160.

Maisyura, M., Fitri, D., Nazimah, N., Ismadi, I., Arinanda, A., Ananda, N.F. and Andrianti, V., 2023. Pemberdayaan Kelompok Tani Meunasah Dayah Paloh Melalui Budidaya dan Pengolahan Jamur Berbahan Baku Cocopeat. Jurnal Vokasi, 7(2), pp.167-173.

Usnawiyah, Khaidir, Yusuf, M.N., Dewi E.S. (2021). Pemanfaatan Lahan Salin Tadah Hujan Untuk Budidaya Sorgum. Jurnal Agrium, 18(1), 46-51




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.13073788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rd Selvy Handayani, Ismadi Ismadi, Usnawiyah Usnawiyah, Muhammad Yusuf N, Zurahmi Wirda, Aufa Inayatillah