Sosialisasi Pengembangan Akademik Berbasis Kemitraan Industri dan Riset di Politeknik Penerbangan Medan

Arnawan Hasibuan, Widyana Verawaty Siregar, Sukarwoto Sukarwoto, Catra Indra Cahyadi

Abstract


Kerjasama antara institusi pendidikan dan industri adalah penghubung antara dunia akademis dan dunia kerja praktis. Melalui kemitraan ini, perguruan tinggi dapat menyesuaikan kurikulum mereka dengan kebutuhan terkini di industri. Ini memastikan bahwa lulusan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan persyaratan pasar kerja saat ini, memungkinkan mereka untuk berkontribusi dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja. pengembangan akademik melalui kemitraan industri dan riset merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan terutama bagi pergutruan tinggi. Sehingga dari pihak perguruan tinggi harus memfasilitasi hal-hal yang berkaitan dalam pelaksanaan program ini. Dengan adanya Sosialisasi Pengembangan Akademik Berbasis Kemitraan Industri dan Riset yang dilakukan oleh Politeknik Penerbangan Medan diharapkan menjadi sebuah langkah yang baik dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi tentang Sosialisasi Pengembangan Akademik Berbasis Kemitraan Industri dan Riset di Politeknik Penerbangan Medan. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaan sosialisasi adalah metode FGD (Focus Group Discussion) yang berfokus pada inisialisasi dan penggalian informasi dalam penyusunan rencana strategis tahun 2025-2029. Kegiatan Pengabdian “Sosialisasi Pengembangan Akademik Berbasis Kemitraan Industri dan Riset” ini, maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman peserta terkait materi yang disampaikan semakin bertambah. Hal ini dibuktikan dari tingkat pemahaman peserta yang awalnya hanya ada 50,6 menjadi 89,4. Sehingga pengabdian yang dilaksakan ini memiliki dampak dan andil dalam pengembangan sistem pendidikan di Indonesia terutama pada perguruan tinggi yang berbaris kemitraan industri.

Keywords


Sistem Akademik, Industri, Riset, FGD, Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Aji, B., Putri, I. K. C., Mahestra, R. R., Khasanah, S. U., & Putri, L. A. (2023). Mendekonstruksi Pendidikan Digital: Kurikulum the Output of Renewable Innovation is Progressing (OERIP) Sebagai Katalisator Transformasi Pendidikan Berbasis Riset dan Inovasi. Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1(1), 23–30.

ALANI, J. (2021). Role of Higher Education Growth in Enhancing Economic Growth, Innovation Advancement and Technological Progress in Uganda (1970--2014). The Uganda Higher Education Review, 9(2), 1.

Aman, A., Raharjo, T. J., Khafid, M., & Supriyanto, T. (2023). Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Membentuk SDM Unggul yang Berjiwa Creativepreneurship di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 7–12.

Apriansyah, R., Hasibuan, A., Fahmi, B. L., Munawaroh, N. L., Silvia, S., Nurfadila, N., Nate, T. T., Sayuti, M., & Mursalin, M. (2023). Sosialisasi Pemberdayaan kaum Perempuan Sebagai Upaya Penghasilan Tambahan dari Hasil Panen Nelayan di Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 3(1), 39–43.

Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 43–56.

Darmayasa, D., Rante, M. W., Nursalam, N., & Ridwan, M. (2023). Inovasi Pariwisata melalui Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi dan Subsektor Parekraf. Jambura Journal of Educational Management, 26–34.

Diana, D., & Hakim, L. (2021). Strategi kolaborasi antara perguruan tinggi, industri dan pemerintah: tinjauan konseptual dalam upaya meningkatkan inovasi pendidikan dan kreatifitas pembelajaran di perguruan tinggi. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).

Diana, & Hakim, L. (2020). Strategi Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi, Industri dan Pemerintah: Tinjauan Konseptual Dalam Upaya Meningkatkan Inovasi Pendidikan dan Kreatifitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi, 1177, 1–14. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/article/view/9063/5358

Hasibuan, A., Ardan, M. A., Rosyada, A., Azzahro, H. H., Amalia, S., Putri, M. M., Sayuti, M., Siregar, W. V., & others. (2023). Sosialisasi Pengolahan Sampah Rumah Tangga Sebagai Upaya Membangun Kesadaran Kebersihan di Pantai Wisata Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 1–6.

Jumali, M. A., & Kristina, A. (2017). Total Quality Management in Education Pada Perguruan Tinggi: Upaya Untuk Memenuhi Kebutuhan Ketenagakerjaan Pada Sistem Industri Modern Di Indonesia. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 15(2), 13–20.

Maizuar, M., Hasibuan, A., Putri, R., Ezwarsyah, E., Muhammad, M., & Zulnazri, Z. (2022). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(1), 26–29.

Marwiji, H., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi Dalam Bidang Kurikulum: Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan Penerapannya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2194–2203.

Mesra, R., & Salem, V. E. T. (2023). Pengembangan Kurikulum.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.

Putra, W. U., Mayasari, N., & others. (2023). Kurikulum Berorientasi Karier di Perguruan Tinggi Jawa Barat: Menghubungkan Pendidikan dengan Tuntutan Dunia Kerja Melalui Pembelajaran Praktis dan Keterampilan Industri. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 528–537.

Resmi, N. N., & Mekarsari, N. K. A. (2017). Pengembangan perguruan tinggi swasta melalui analisis SWOT. Pros Semin Revital Tata Kelola Perguru Tinggi Juni, 2017(14), 178–191.

Rohmanu, A., Murdianto, M., Jamianto, J., Prasasti, B., Sumarsono, C. W., Fikriawan, S., Hariyanto, W., Supriati, E., Antikasari, T. W., & Mintyastuti, D. S. (2022). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Lintas Sektoral di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Cakrawala: Jurnal Litbang Kebijakan, 16(2), 173–199.

Roid, F., Al Farizi, R., & others. (2023). Edukasi Pemanfaatan Sumber Daya Listrik Energi Terbarukan pada Masyarakat Desa. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 19–23.

Sayuti, M., Hasibuan, A., Baidhawi, B., Siregar, W. V., Mariyudi, M., Puspasari, C., Hasibuan, M. R. F., Fadhilati, N. I., & Al Farizi, R. (2022). Pelatihan simulasi tanggap darurat kebakaran di SMA Lhokseumawe dan Aceh Utara. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(3), 172–175.

Sembiring, T. B., Dewi, R. D. D. L. P., Gugat, R. M. D., Febrian, W. D., Amrizal, A., & Ansori, A. (2024). Peningkatan Kapasitas Dosen Dalam Pendidikan Berbasis Teknologi: Workshop Dan Pelatihan Mendalam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 581–590.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.12532888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arnawan Hasibuan, Widyana Verawaty Siregar, Sukarwoto Sukarwoto, Catra Indra Cahyadi