Peningkatan Konsentrasi Belajar Santri Balai Pengajian Sirajul Qalbi Gampong Reuleut Timu

Nasruddin Nasruddin, M. Nazaruddin, Khusrizal Khusrizal, Yusra Yusra, Baidhawi Baidhawi, Muhammad Afzalul Zikri, Muhammad Chairuddin

Abstract


Tujuan utama pendidikan agama Islam adalah membentuk individu muslim yang beriman, bertakwa, dan mampu mengamalkan ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak perlu diajak untuk mencintai Al-Quran dan menjadi sumber petunjuk dan panduan hidup. Pengajian yang diikuti oleh anak-anak seyogyanya menyenangkan dengan konsentrasi yang baik, yaitu dengan menciptakan suasana yang ramah dan nyaman. Untuk mendapatkan hal tersebut, kondisi balai pengajian diharapkan memiliki kelayakan dan kecukupan sarana yang baik, sehingga akan menciptakan suasana belajar tenang dan anak-anak penuh konsentrasi. Adanya ruang yang memadai dan terpisah proses belajar mengajar dari berbagai kelompok umur pengajian lainnya adalah hal ideal yang diharapkan anak-anak. Satu ruang belajar yang dipergunakan untuk semua kelompok umur menciptakan ketidaknyamanan bagi santri dan guru. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu melanjutkan pembangunan ruang belajar sehingga meningkatkan konsentrasi santri di Balai Pengajian Sirajul Qalbi Gampong Reuleut Timu. Pelaksanaan pengabdian dimulai dengan sosialisai kegiatan, perencanaan dan pelaksanaan pengabdian yaitu membantu melanjutkan pembangunan ruang belajar yang telah digagas oleh masyarakat sebelumnya. Hasil capaian yang diperoleh adanya kelanjutan dan peningkatan penyelesaian pembangunan ruang kelas. Pada tahap pengabdian ini ruang yang dibantu pembangunannnya belum bisa dipergunakan oleh santri dan diperlukan kelanjutan pembangunan tahap selanjutnya dengan bantuan dana dari para donatur/masyarakat hingga pembangunannya selesai, dan pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi para santri dalam belajar.


Keywords


Balai Pengajian; Kenyaman Belajar; Konsentrasi Belajar; Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Amri, A., Erliana, C. I., & Lubis, R. A. F. (2019). Analisis Pengaruh Kebisingan Terhadap Kelelahan Karyawan di Bagian Operasi-1 PT. Pupuk Iskandar Muda, Krueng Geukuh, Aceh Utara. Industrial Engineering Journal, 8(1).

Apriansyah, R., Hasibuan, A., Fahmi, B. L., Munawaroh, N. L., Silvia, S., Nurfadila, N., Nate, T. T., Sayuti, M., & Mursalin, M. (2023). Sosialisasi Pemberdayaan kaum Perempuan Sebagai Upaya Penghasilan Tambahan dari Hasil Panen Nelayan di Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 3(1), 39–43.

Azhari, T., & Sahputri, J. (2021). Hubungan antara sarana pendukung, proses, dan hasil pembelajaran. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 33–36.

Dahniar. (2017). Efektivitas Pengajian Ba’da Maghrib pada Yayasan Balee Seumeubet Al-Aziiz di Tungkip Aceh Besar.

Darma, S. (2021). Konsep Ramah Anak Pada Kegiatan Pendidikan Di Masjid Ar Ramli Kelurahan Indrakasih Medan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta.

Fanreza, R. (2017). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dosen Tetap Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 141–161.

Fatmi, F., Syafri, F. S., & Saltifa, P. (2022). Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Quran terhadap Pemahaman Konsep Matematika bagi Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 464–471.

Hakim, L. (2012). Internalisasi nilai-nilai agama islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa sekolah dasar islam terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1), 67–77.

Hasibuan, A., Ardan, M. A., Rosyada, A., Azzahro, H. H., Amalia, S., Putri, M. M., Sayuti, M., Siregar, W. V., & others. (2023). Sosialisasi Pengolahan Sampah Rumah Tangga Sebagai Upaya Membangun Kesadaran Kebersihan di Pantai Wisata Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 1–6.

Khisbiyah, Y., Lestari, S., Purwanto, A., & Hidayat, Y. (2021). Memupuk Sikap Empati Anak Melalui Permainan Tradisional Gobag Sodor, Sundaname dan Boy-Boyan. Society: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 75–81.

Maizuar, M., Hasibuan, A., Putri, R., Ezwarsyah, E., Muhammad, M., & Zulnazri, Z. (2022). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(1), 26–29.

Nadira, C. S., & Khairunnisa, C. (2020). Gambaran Kemampuan Konsentrasi Mahasiswa Program Studi kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Averrous : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 6(2), 1–10.

Prihatin, P. S., Ibrahim, A. Z., Abdillah, S., & Adni, D. F. (2023). Pendidikan Politik: Solusi Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Umum di Negeri Kedah Malaysia (Kolaborasi Pengabdian Internasional). Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(4), 708–717.

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & A Damayanti. (2021). Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226.

Rahman, A., Kembaren, E. T., & Baidhawi, B. (2023). Pembentukan Karakter Bersosialisasi Dengan Pembuatan Taman Bermain Anak Sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Kecanduan Game Online Pada Anak Usia 5-12 Tahun di Gampong Reuleut Timu Aceh Utara. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(1), 188–200.

Sakti, H. O. R. (2019). Pengaruh Konsentrasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 15 Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Siregar, W. V., Hasibuan, A., Daud, M., Rafif, M., Hidayatullah, F., Lapara, M. I., & Qausar, M. (2022). Edukasi Sustainable Business Dan Social Economic Environment Masyarakat Di Pulau Balai Kepulauan Banyak. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(2), 86–89.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.

Yusalis, E. (2020). Upaya Guru Dalam Menjaga Konsentrasi Belajar Santri Madrasah Diniyah Nurus Syifa, Dusun Gupak Warak, Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. IAIN Ponorogo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nasruddin, M. Nazaruddin, Khusrizal, Yusra, Baidhawi, Muhammad Afzalul Zikri, Muhammad Chairuddin