Penggunaan Metode Bioflok dalam Penerapan Sistem Automasi Pemberian Pakan pada Budidaya Lele di Desa Blang Punteut-Lhokseumawe

Muhammad Muhammad, Asran Asran, Misbahul Jannah

Abstract


Kegiatan budidaya lele merupakan salah satu budidaya di bidang perikanan yag terus mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini disebabkan ikan lele merupakan salah satu ikan yang sangat diminati oleh masyarakat. Ikan lele adalah ikan yang hidup di perairan umum dan merupakan ikan yang bernilai ekonomis, serta disukai oleh masyarakat. Selama ini budidaya lele menggunakan budidaya system konvensional. Dimana lele di budidaya dalam tambak atau kola dan diberi pakan setiapa hari 3 kali. Seiring dengan kemajuan dalam segala bidang maka ditemukan sebiah metode barudalam budidaya lele yaitu menggunakan metode bioflok. Budidaya lele metode bioflok adalah system pemeliharaan ikan dengan cara menumbuhkan mikroorganisme yang berfungsi mengolah limbah budidaya itu sendiri menjadi gumpalan-gumpalan kecil yang bermanfaat sebagai makanan alami ikan. Desa Blang Puentet Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe terdapat sebuah kelompok pemuda gampong merupakan sebuah kelompok yang dibentuk oleh aparat desa guna mencegah pemuda tersebut dalam berbuat yang tidak baik. Narkoba dan game online merupakan hal yang sudah sangat rawan bagi masyarakat desa. Maka diperlukan sebuah program bagi pemuda di setiap tempat untuk bisa mengisi kegiatan yang positif guna menghindari kegiatan negatif yang telah disebut diatas. Salah satunya adalah dengan cara memperkenalkan budidaya lele dengan metode automasi pemberian pakan menggunakan metode bioflok. Budidaya ikan lele dengan menggunakan metode bioflok memberikan manfaat yang sangat besar bagi peternak lele dan memberikan hasil yang cukup signifikan dimana kematian hanya 18,75% dan penyerapan nutrisi sebesar 25% dari sistem konvesional.


Keywords


bioflok; automasi; budidaya lele; pakan ikan;

Full Text:

PDF

References


Adharani, N., Soewardi, K., Syakti, A. D., & Hariyadi, S. (2016). Manajemen kualitas air dengan teknologi bioflok: Studi kasus pemeliharan ikan lele (Clarias Sp.). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 21(1), 35–40.

Aiyushirota, I. (2009). Konsep Budidaya Udang Sistem Bakteri Heterotrop Dengan Bioflocs. Aiyushirotabiota, Indonesia.

Avnimelech, Y. (1999). Carbon/nitrogen ratio as a control element in aquaculture systems. Aquaculture, 176(3–4), 227–235.

Fachroji, R., Hasibuan, A., Daud, M., Putri, R., & Nratha, I. M. A. (2023). Design of Automatic Pond Water Quality Control in Koi Fish Farm. Journal of Renewable Energy, Electrical, and Computer Engineering, 3(1).

Fuadi, A., Sami, M., Usman, U., & Saifuddin, S. (2020). Teknologi tepat guna budidaya ikan lele dalam kolam terpal metode bioflok dilengakapi aerasi nano buble oksigen. Jurnal Vokasi, 4(1), 39–45.

Hasibuan, A., Siregar, W. V., & Riskina, S. (2022). Sekelumit Keberagaman Lhokseumawe dan Aceh Utara. Pelataran Sastra Kaliwungu.

Himmah, M. F., & others. (2018). Manajemen Pembesaran Ikan Lele Dumbo Clarias Gariepinus Dengan Sistem Bioflok Di Balai Pelatihan Dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi, Jawa Timur. Fakultas Perikanan Dan Kelautan.

Maghfiroh, H., Hermanu, C., & Adriyanto, F. (2020). Prototipe Automatic Feeder Dengan Monitoring Iot Untuk Perikanan Bioflok Lele Masyarakat Dukuh Prayunan. Jurnal Abdimas, 24(1), 33–37.

Maghfiroh, H., Hermanu, C., & Adriyanto, F. (2021). Prototipe Automatic Feeder dengan Monitoring IoT untuk Perikanan Bioflok Lele. Electrician, 15(1), 58–63. https://doi.org/10.23960/elc.v15n1.2160

Novianda, N., Akram, R., & Mawardi, A. L. (2022). Penerapan Teknologi Pemberian Pakan Ikan Otomatis Berbasis Internet Of Things Dalam Upaya Peningkatan Hasil Panen Ikan Lele. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4562–4575.

Rachmawati, D., Samidjan, I., & Setyono, H. (2015). 3. Manajemen Kualitas Air Media Budidaya Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus) dengan Teknik Probiotik pada Kolam Terpal di Desa Vokasi Reksosari, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Pena Akuatika: Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 12(1).

Septiani, N., Maharani, H. W., & others. (2014). Pemanfaatan Bioflok dari limbah budidaya lele dumbo (Clarias gariepinus) sebagai pakan nila (Oreochromis niloticus). E-Jurnal Rekayasa Dan Teknologi Budidaya Perairan, 2(2), 267–272.

Simanjuntak, N., Putra, I., & Pamukas, N. A. (2020). Pengaruh pemberian probiotik em4 pada pakan terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan benih ikan lele sangkuriang (Clarias sp) dengan Teknologi Bioflok. Jurnal Akuakultur Sebatin, 1(1), 63–69.

Suparno, Q. M., & Qosim, M. (2016). Pengaruh Pengembangbiakan Bioflok Pada Peningkatan Produksi Dan Kualitas Ikan Lele. Jurnal Inovasi Dan Teknologi, 5(1).

Suwito, S., & Rivai, M. (2018). Sistem Otomasi Pemberi Pakan dan Pengendali Kualitas Air pada Budidaya Lele Tebar Padat. Prosiding Seniati, 4(2), 25–31.

Wahjuningrum, D., Setiawati, M., & others. (2009). Optimasi Budidaya Super-Intensif Ikan Nila Ramah Lingkungan: Dinamika Mikroba Bioflok.

Widodo, T., Irawan, B., Prastowo, A. T., & Surahman, A. (2020). Sistem Sirkulasi Air Pada Teknik Budidaya Bioflok Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 1(2), 34–39.

Wiharya, C., Rifa’i, M., Agustriyana, L., Utomo, W. S., & others. (n.d.). Monograf Analisis Desain Sistem Pemanas Air Kolam Biofloc Otomatis Bertenaga Surya. uwais inspirasi indonesia.

Wulandari, C. D., Sudiro, S., & Poerwati, T. (2020). Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Bioflok untuk Kawasan Permukiman. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(3), 286–293.

Yulianingrum, T., Pamukas, N. A., & Putra, I. (2017). Pemberian Pakan Yang Difermentasikan Dengan Probiotik Untuk Pemeliharaan Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) Pada Teknologi Bioflok Feed Fermented Using Probiotic for African Catfish in Biofloc Technology. Riau University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Muhammad, Asran Asran, Misbahul Jannah