Workshop: Memahami Peta Topografi dan Kontur Bagi Pelajar Kota Lhokseumawe

Raihan Humaro, Bambang Karsono, Deni Deni, Hendra Aiyub, Eri Saputra

Abstract


Pemetaan topografi merupakan suatu pekerjaan yang memperlihatkan posisi keadaan planimetris di atas permukaan bumi dan bentuk diukur dan hasilnya digambarkan di atas kertas dengan simbol-simbol peta pada skala tertentu yang hasilnya berupa peta topografi. Workshop memahami peta topografi dan kontur ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam membaca dan membuat peta topografi dan kontur. Pemahaman yang baik akan peta topotgrafi dan kontur sangat berperan penting dalam proses perencanaan dan perancangan arsitektur khususnya desain arsitektur lansekap. Metode Pelaksanaan pada kegiatan ini bersifat kualitatif interaktir yaitu suatu metode yang melibatkan audiensi terhadap permasalahan yang diciptakan sebagai model latihan untuk diselesaikan yang diharapkan menjadi jejak keterampilan tersendiri dalam mengolah dan mengadaptasi tapak yang sesuai dengan ide dan gagasan perencanaan dan perancangan yang telah ditetapkan. Materi yang ditawarkan sebagai tindak lanjut melingkupi pengenalan dan daya olah dasar peta topografi dan kontur pada tapak yang dapat dijadikan referensi dan ilmu dsasar untuk beranjak adaptif studi yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Diharapkan dengan adanya workshop ini, pelajar di kota Lhokseumawe mampu meningkatkan kemampuan desain khususnya lansekap dan belajar untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dalam proses perencanaan dan perancangan.


Keywords


peta; topografi; kontur

Full Text:

PDF

References


Abidin, H. Z. (2007). Penentuan posisi dengan GPS dan aplikasinya. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Afani, I. Y. N., Yuwono, B. D., & Bashit, N. (2019). Optimalisasi Pembuatan Peta Kontur Skala Besar Menggunakan Kombinasi Data Pengukuran Terestris Dan Foto Udara Format Kecil. Jurnal Geodesi Undip, 8(1), 180–189.

Al Wahidy, M., Priyono, H. K. D., Jumadi, S. S., & others. (2013). Analisis Ekspresi Topografi Untuk Pemetaan Longsorlahan Di Wilayah Kabupaten Kulonprogo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arifin, K., & others. (2007). Teknik Pembuatan Produk Seni Berupa Model Gunung Dengan Metode Layer Deposition Manufacturing.

Aswant, I. Al. (2016). Analisis Perbandingan Metode Interpolasi untuk Pemetaan pH Air Pada Sumur Bor di Kabupaten Aceh Besar Berbasis SIG. UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala, 1–76.

Jimmy, J. (2006). Visualisasi Peta Kontur Dalam Sudut Pandang Tiga Dimensi. Jurnal Informatika, 7(2), 77–84.

Khoerotunnisa, E. (2022). Sistem Informasi Geografis (Sig) Berbasis Webgis Untuk Pemetaan Persebaran Objek Wisata Di Kota Tasikmalaya. Universitas Siliwangi.

Maulidawati, M., Muhammad, I., Rohantizani, R., & Mursalin, M. (2020). The Implementation of Make A Match Type Cooperative Learning Model to Improve the Mathematical Connection Ability. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11), 952–960. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i11.3319

Meiwa, S. (2020). Pengantar Geologi Rekayasa: Proses Pembentukan Tanah. In Buku Ajar. Universitas Komputer Indonesia.

Miswar, D. (2013). Buku Ajar Geografi Tematik. In Buku Ajar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung., 2–32.

NN. (n.d.). Navigasi Darat: Membaca Peta Topografi dan Teknik Penggunaan Kompas. Serdadu Rimba.

Rachma, Y. S., Prasetyo, Y., & Yuwono, B. D. (2018). Analisis Akurasi Ketelitian Vertikal Menggunakan Foto Udara Hasil Pemotretan Pesawat Tanpa Awak Untuk Pembentukan Digital Terrain Model (DTM). Jurnal Geodesi Undip, 7(4), 244–253.

Rogers, J. D., & Doyle, B. C. (2003). Mapping of Seismically Induced Landslippage in the Benton Hills and Crowley’s Ridge, New Madrid Seismic Zone, Missouri and Arkansas. Department of Geological Sciences and Engineering University of Missouri-Rolla.

Rostianingsih, S., Handoyo, I., & Gunadi, K. (2004). Pemodelan Peta Topografi Ke Objek Tiga Dimensi. Jurnal Informatika, 5(1), 14–21.

Salim, S. (2017). Ekstraksi Fitur Bentuk dan Kontur. Docplayer.

Soen, B. (n.d.). Peta Lapangan. ANZDOC, 1–8.

Sutanto, S. J., & Ridwan, B. W. (2016). Teknologi Drone Untuk Pembuatan Peta Kontur: Studi Kasus Pada Kawasan P3SON Hambalang. Jurnal Teknik Hidraulik. Jurnal Teknik Hidraulik, 7(2), 179–194.

VEBRIANE, W., Putranto, T. T., & Helmi, M. (2022). Integrasi Indeks Kualitas Air Dan Analisis Geospasial Untuk Evaluasi Kualitas Air Tanah Dangkal Di Sekitar Area Pembuangan Limbah Slag Aluminium Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. School of Postgraduate Studies.

Zeiler, M. (1999). Modeling our world: the ESRI guide to geodatabase design (Vol. 40). ESRI, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Raihan Humaro, Bambang Karsono, Deni Deni, Hendra Aiyub, Eri Saputra