Sosialisasi Penggunaan Teknologi Bagan Apung Pada Ikan Air Tawar Sebagai Alat Bantu Pembudidayaan Ikan di Desa Paya Gaboh Aceh Utara

Suryadi Suryadi, Imamshadiqin Imamshadiqin, Emmia Tambarta Kembaren, Fadli Fadli, Salsabilla Febyola, Teungku Siti Chairissa

Abstract


Bagan apung merupakan alat pembudidayaan ikan yang biasanya dioperasikan tidak jauh dari perairan pantai dan danau, aktivitas dilakukan pada malam hari dengan bantuan cahaya lampu sebagai attractor agar ikan berkumpul. Bagan pertama sekali digunakan oleh masyarakat Makassar dan Bugis di Sulawesi Selatan pada awal tahun 1950, dan kemudian dikenal hampir diseluruh wilayah perairan Indonesia. Bagan telah banyak mengalami modifikasi sesuai dengan kearifan budaya dan fungsinya di suatu wilayah pada saat ini. Desa Paya Gaboh merupakan kawasan strategis dimana memiliki kolam air yang luas yang berada Aceh Utara Provinsi Aceh. Produksi unit pembudidayaan dan penangkapan bagan apung yang ada di Perairan Aceh pada tahun 2013 mengalami kenaikan dari 1.615,3 ton menjadi 1.864,2 ton pada tahun 2014, dengan jumlah unit dan trip penangkapan yang relatif sama yakni 67 unit dan 9.662 trip. Hal ini menunjukkan bahwa adanya upaya peningkatan hasil perikanan bagan apung yang terdapat di Perairan Aceh, baik dalam hal manajemen pemanfaatan sumberdaya target pemeliharaan maupun penggunaan alat bantu yang digunakan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pemuda Desa Paya Gaboh terhadap penggunaan bagan apung untuk melakukan pembudidayaan ikan. Sementara manfaat kegiatan yang diharapkan yaitu pemuda Desa Paya Gaboh bisa memanfaatkan penggunaan bagan apung dan dapat meningkatkan hasil yang lebih baik.


Keywords


Pembudidayaan; Ikan; Produksi; Penangkapan

Full Text:

PDF

References


Aceh, B. P. S. (2015) ‘buku statistik perencanaan pembangunan daerah Provinsi Aceh. Banda Aceh.

Ali, M., Mursalin, M. and Daud, M. (2021) ‘Model Komunikasi Layanan Modal Usaha Mikro Rumah Modal Umat (RMU) Terhadap Masyarakat Melalui Mosque Center’, Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 1(1), pp. 32–45.

Angraini, L. and Syamsir, S. (2019) ‘Peran Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Dalam Mengatasi Bagan Tangkap Ikan Di Perairan Danau Singkarak’, JESS (Journal of Education on Social Science), 3(1), pp. 24–33.

Ayodhyoa, A. U. (1981) ‘Metode penangkapan ikan’, Yayasan Dewi Sri. Bogor, 97.

Emelia, F. (2009) ‘Alternatif pemanfaatan danau bagi pengembangan wisata melalui konsep keberlanjutan sumberdaya perairan dan perikanan di Danau Singkarak, Sumatera Barat.’

Hasibuan, A. et al. (2022) ‘Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Variasi Pembelajaran Online di Kabupaten Aceh Singkil’, Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(2), pp. 62–67.

Insyafrijal, I., Nasir, M. and Abdullah, F. (no date) ‘Impact of Fishery Port of Idi Aceh Timur on social economy of fishermen society’.

Lubis, N. (2013) ‘Fish Community and Water Quality in Singkarak Lake Solok Regency Sumatera Barat Province’.

Maizuar, M. et al. (2022) ‘Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Aceh Singkil’, Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(1), pp. 26–29.

Maniagasi, R., Tumembouw, S. S. and Mudeng, Y. (2013) ‘Analisis kualitas fisika kimia air di areal budidaya ikan Danau Tondano Provinsi Sulawesi Utara’, E-Journal Budidaya Perairan, 1(2).

Perikanan, D. (2014) ‘Database Potensi Perikanan dan Peternakan Kabupaten Solok’, Pemerintah Kabupaten Solok.

Rengi, P., Yani, A. H. and others (no date) ‘Management Operations Fishing Boats in the Village Chart Sackcloth Bay Pasalaban District City West Sumatra Padang’, Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Perikanan dan Ilmu Kelautan, 3(2), pp. 1–12.

Rohmiyati, R. (2021) Perbedaan Hasil Tangkapan Alat Tangkap Bagan Apung Pada Intensitas Cahaya Lampu Yang Berbeda Di Perairan Danau Singkarak Sumatera Barat. Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.

Siregar, W. V. et al. (2022) ‘Edukasi Sustainable Business Dan Social Economic Environment Masyarakat Di Pulau Balai Kepulauan Banyak’, Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(2), pp. 86–89.

Siregar, W. V., Hasibuan, A. and Nurdin, M. D. (2021) ‘Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Daring Untuk Membanguan Generasi Hebat’, Jurnal Vokasi, 5(2), pp. 86–90.

Sittadewi, E. H. (2008) ‘Fungsi strategis Danau Tondano, Perubahan ekosistem dan masalah yang terjadi’, Jurnal Teknologi Lingkungan, 9(1).

Sudirman, H. and Mallawa, A. (2012) ‘Teknik Penangkapan Ikan (edisi revisi)’, Jakarta (ID): Rineka Cipta.

Suryono, T., Nomosatryo, S. and Mulyana, E. (2006) ‘Tingkat Kesuburan Danau Singkarak, Padang, Sumatera Barat’, Pusat Penelitian Limnologi--LIPI.(Tidak diterbitkan).

Susanto, P. (2000) ‘Pengantar Ekologi Hewan’, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Syam, A. R. and Satria, H. (2017) ‘Adaptasi Fisiologis Retinamata Dan Tingkah Laku Ikan Terhadap Cahaya’, BAWAL Widya Riset Perikanan Tangkap, 2(5), pp. 215–224.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suryadi, Imamshadiqin, Emmia Tambarta Kembaren, Fadli, Salsabilla Febyola, Teungku Siti Chairissa