Pemanfaatan Lahan Sawah Untuk Budidaya Tanaman Hortikultura Dalam Upaya Meningkatkan Gizi Masyarakat di Masa Pandemi

U Usnawiyah, I Ismadi, H Hafifah, Muhammad Yusuf N, Zurrahmi Wirda, Laila Nazirah, Rd. Selvy Handayani

Abstract


Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) memberikan dampak yang cukup besar di berbagai sektor di Indonesia, termasuk bidang pangan. Wabah corona yang semakin masif akhir-akhir ini menjadi faktor pengganggu terhadap proses pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi bagi masyarakat di pedesaan yang umumnya berada di bawah garis kemiskinan. Desa Blang Nibong, Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara, adalah salah satu yang Kehidupan masyarakatnya banyak yang berada di bawah taraf sejahtera dan banyaknya petani dan nelayan tanpa penghasilan tetap sebagai kepala keluarga dan menambah tingginya kesulitan hidup yang dihadapi masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat khususnya petani dalam hal teknik budidaya tanaman hortikultura. dan melakukan manajemen usaha yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Ada dua bentuk kegiatan utama yang dilakukan dalam kegiatan ini, yaitu: (1) Penyuluhan tentang arti kegunaan dari budidaya dan nilai gizi yang terkandung didalam tanaman hortikultura (2) Demonstrasi/praktek pembuatan media tanam dan budidayanya, serta pengolahan dan pemasaran produk tanaman hortikultura (3) Evaluasi kegiatan dan pendampingan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan penyuluhan dan pelatihan Pemanfaatan lahan sawah untuk budidaya tanaman hortikultura dalam upaya meningkatkan nilai gizi masyarakat di masa pandemi sudah terlaksana dan dapat diterima  dengan baik oleh masyarakat. Masyarakat Desa Blang Nibong Kecamatan Samudra Kabupaten Aceh Utara mendapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan budidaya tanaman serta pengolahan dan pemasaran produk tanaman hortikultura. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan pengabdian ini.


Keywords


sayuran; gizi; masyarakat; corona;

Full Text:

PDF

References


Ariningsih, E., Wahyuni, S., Darwis, V., & others. (n.d.). Kebijakan Pengembangan Hortikultura di Kawasan Agrisbisnis Hortikultura Sumatera (KAHS).

Handayani, R. S., Aryani, D. S., Wirda, Z., & others. (2022). Women Empowerment Through Mushroom Cultivation And Processing In Aceh Utara. Global Science Society: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 92–99.

Handayani, R. S., Ismadi, I., & Kasmiran, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembuatan Jerami Fermentasi untuk Pakan Ternak Sapi di Kecamatan Muara Batu Aceh Utara. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 42–48.

Ismadi, I., Annisa, K., Nazirah, L., Nilahayati, N., & Maisura, M. (2021). Karakterisasi Morfologi Dan Hasil Tanaman Kentang Varietas Granola Dan Kentang Merah Yang Dibudidayakan Di Bener Meriah Provinsi Aceh. Jurnal Agrium, 18(1).

Mahmudah, N., & Al Kautsar, M. S. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Upaya Ketahanan Pangan Mandiri Di Masa Pandemi Covid-19. Setara: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(2), 80–86.

Petani, K., Perkarantinaan, P. K., Keamanan, P., Pemerintah, K. I., & Negara, P. M. P. A. (2012). Kata Pengantar.

Somantri, r. U., & others. (n.d.). Penanganan segar untuk mempertahankan mutu danmenekan susut bobot cabai selama penyimpanan.

Usnawiyah, U., Khaidir, K., Dewi, E. S., & others. (2021). Pemanfaatan Lahan Salin Tadah Hujan Untuk Budidaya Sorgum. Jurnal Agrium, 18(1).

Wirda, Z. (n.d.). Sorgum Sebagai Pangan Alternatif Dan Sumber Energi Terbarukan Untuk Kemandirian Pangan Dan Energi Sorghum As An Bioenergy And Food Self-Sufficiency.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 U Usnawiyah, I Ismadi, H Hafifah, Muhammad Yusuf N, Zurrahmi Wirda, Laila Nazirah, Rd. Selvy Handayani