Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Variasi Pembelajaran Online di Kabupaten Aceh Singkil

Arnawan Hasibuan, Adi Setiawan, Muhammad Daud, Widyana Verawaty Siregar, B Baidhawi, H Hendrival, Robi Kurniawan, Putri Anjali Safina

Abstract


Wabah Covid-19 berdampak di berbagai sektor termasuk juga di bidang Pendidikan. Di masa tanggap darurat ini mengharuskan semua guru dan siswa belajar dari rumah nyatanya tak sekadar mengubah lokasi namun juga metode belajar. Guru merupakan kunci utama untuk menghasilkan generasi hebat dengan memberikan pembelajaran yang bermakna dan bermanfaat untuk siswa. Untuk menghasilkan generasi hebat yang bermutu dan berkualitas, guru harus mempunyai kemampuan dalam mendesain pembelajaran agar mudah dipahami dan mengerti teknologi agar semua pembelajaran mudah di akses pada saat sulit di masa pandemic seperti ini. Oleh karena itu guru sebagai media pengarah materi pembalajaran harus memahami bagaimana pengoperasian teknologi aplikasi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara online tersebut. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman teknologi penggunaan berbagai macam aplikasi media belajar dan memberikan inspirasi kepada para pengajar untuk memberikan model pembelajaran yang kreatif agar siswa dapat semangat dan tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas sehingga menjadi generasi tangguh dan hebat di masa mendatang. Kegiatan pengabdian ini dilakukan berbentuk interaksi langsung antara pemateri dengan para pengajar (guru) dengan memberikan secara langsung contoh pelaksanaan pekerjaan dengan menginput materi pembelajaran dan absensi melalui aplikasi media pembelajaran online di bawah lisensi google dan mencari materi belajar yang menarik sehingga menjadikan materi belajar online terlihat bagus dan menjadi perhatian bagi siswa. Setelah pelatihan  ini dilaksanakan, dapat ditarik kesimpulan yaitu pelatihan ini berjalan dengan baik dan  lancar serta mencapai target yang di tentukan sebelumnya. Pengabdian ini memberikan dampak positif bagi para guru dengan menambah pengetahuan dan wawasan baru. Selain itu, hasil pengabdian ini terbukti mempermudah para guru dalam proses memberikan materi pembelajaran online bagi siswa yakni para guru mampu mengaplikasikan media tersebut dan memanfaatkan nya dalam pembelajaran.


Keywords


Pendidikan; Guru; Pembelajaran Online;

Full Text:

PDF

References


Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.

Brahmana, R., Siregar, W. V., & Hsb, A. (2013). Too early to execute the strategic scenario planning: Hyperbolic discounting and psychological biases of Indonesian SMEs’ managers. Business Strategy Series.

Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Analisis Kebijakan Pengembangan Pendidikan (Studi Pembelajaran Daring (Online) di Masa Pandemi Covid-19. Madika: Jurnal Politik Dan Governance, 1(2), 146–166.

Di Aceh, I. D. M. (n.d.). Singkil.

Firdaus, Z., Susilowati, T., & Markhamah, M. (2020). Nilai Aksiologis Kebijakan Covid-19. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(3).

Martorejo, T. N. (2020). Pandemi Covid-19: Ancaman atau Tantangan bagi Sektor Pendidikan. Jurnal Binus, 7(1), 1–15.

McAleer, M. (2020). Prevention is better than the cure: Risk management of COVID-19. In Journal of Risk and Financial Management (Vol. 13, Issue 3, p. 46). Mdpi.

Pujiasih, E. (2020). Membangun generasi emas dengan variasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48.

Santoso, B. (2010). Skema dan mekanisme pelatihan: panduan penyelenggaraan pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.

Siregar, Widyana Verawaty, Hasibuan, A., & Nurdin, M. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Daring Untuk Membanguan Generasi Hebat. Jurnal Vokasi, 5(2), 86–90.

Siregar, Wiedyana Verawaty, Hasibuan, A., & Razif, R. (2021). Community lifestyle patterns and household electrical energy consumption behavior to reduce carbon emissions. Accounting and Business Journal, 3(2), 96–104.

Sutikno, M. S., & Nurlaeli. (2006). Pendidikan sekarang dan masa depan:" suatu refleksi untuk mewujudkan pendidikan yang bermakna". NTP Press.

Wang, C., Cheng, Z., Yue, X.-G., & McAleer, M. (2020). Risk management of COVID-19 by universities in China. In Journal of Risk and Financial Management (Vol. 13, Issue 2, p. 36). MDPI.

Winarno, F. G. (2020). COVID-19: Pelajaran Berharga Dari Sebuah Pandemi. Gramedia Pustaka Utama.

Yarni, Y., Miswar, E., & Marwan, C. (2017). Analisis kelayakan finansial usaha penangkapan ikan dengan jaring insang (gillnet) di Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan Perikanan Unsyiah, 2(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arnawan Hasibuan, Adi Setiawan, Muhammad Daud, Widyana Verawaty Siregar, B Baidhawi, H Hendrival, Robi Kurniawan, Putri Anjali Safina