Becak Juice Solar Cell Sebagai Alat Pembangkit Ekonomi di Masa Pandemic Covid 19

Misbahul Jannah, M Muhammad, A Asran, M Muhammad

Abstract


Kota Lhokseumawe selama 5 tahun kebelakang sudah mendekati kota yang tidak pernah tidur atau tidak pernah sepi akan aktifitas masyarakat. Masyarakat kota Lhokseumawe memiliki mata pencaharian yang beragam dari ASN, Pengawai Perusahaan besar, pedagang, buruh serta pelaut. Mata pencaharian dengan berdagang juga sudah mulai bergolak dengan pesat semenjak kota Lhokseumawe menjadi kota pelajar dimana jumlah pendatang dari mahasiswa yang menuntut Ilmu dikota ini semakin banyak. Hal ini membuka peluang bagi pedagang atau pengusaha mikro dalam hal medagangkan aneka makanan dan minumam. Pedagang juice dan minuman kekinian yang banyak terdapat di kota Lhokseumawe khususnya di gampong Uteun Bayi memiliki permasalah dalam usaha mereka yaitu (1) usaha yang mereka geluti sangat memerlukan energi listrik guna memblender buah-buahan dan perlunya cup sealer guna menutup cup juice. (2). Dengan usaha yang seperti diatas membuat pedagang juice tidak bisa produksi dengan baik jika arus litrik mati dan tidak fleksibelnya mereka dalam melaksanakan jual beli. Maka tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memperkenalkan hasil penelitian PNBP 2020 yaitu becak juice soalr cell, dimana becak tersebut bisa menghasilkan energy dari matahari, sehingga pedagang tidak tergantung dari energy listrik yang selama ini meraka dapat dari PLN, serta becak ini bisa dibawa kemana mana sehingga pendapat pedagang juice bisa meningkatkan pendapatan mereka  di masa pandemic covid 19 seperti sekarang ini. Metode yang dipakai dalam pengabdian ini adalah sosialisasi becak solar cell, serta memasang solar cell di tempat pedagang juice dan minuman kekinia. Target yang ingin dicapai adalah bisa meningkatkan pendapatan dari kegiatan usaha dua kelompok pedagangan yaitu pedagang juice dan pedaganag minuman kekinian dengan mempekenalkan hasil peneliti serta menerapakan  kepada mitra  guna meningkatkan hasil usaha meraka.


Keywords


energi terbarukan; solar sel; becak solar cell;

Full Text:

PDF

References


Adiputra, I. G., & Wijaya, S. (2021). Pelatihan Aspek Pembiayaan Usaha Umkm Binaan Koperasi Bina Cipta Usaha Di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Prosiding Serina, 1(1), 1023–1028.

Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M., & Susilo, B. (2018). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Ugm Press.

Dr. Vladimir, V. F. (2018). Profil Kota Lhokseumawe. In Gastronomía ecuatoriana y turismo local. (Vol. 1, Issue 69, pp. 5–24).

Hasibuan, A., Isa, M., Siregar, W. V., & Nrartha, I. M. A. (2019). Sumber Bahan Bakar Dari Limbah Padat Pada Pembangkit Listrik Di Pabrik Kelapa Sawit. Ready Star, 2(1), 187–193.

Hasibuan, A., Isa, M., Yusoff, M. I., Rahim, S. R. A., & Anisah, S. (2020). Analisa Teknologi Pembangkit Tersebar Sel Bahan Bakar Dan Pengaruhnya Terhadap Profil Tegangan Dan Rugi-Rugi Daya Sistem. Saintek ITM, 33(2), 20–28.

Hasibuan, A., Siregar, W. V., & Fahri, I. (2020). Penggunaan Led Pada Lampu Penerangan Jalan Umum Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Penghematan Energi Listrik. Journal Of Electrical And System Control Engineering, 4(1), 18–32.

Hasibuan, A., Siregar, W. V., Nasution, E. S., & Ismail, R. (2020). Calculation of Consumption and Expenditures for Electricity Energy Costs at Lido Graha Hotel Lhokseumawe City Based on Electrical Power Measurement. Bulletin of Computer Science and Electrical Engineering, 1(2), 73–79.

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Dan Mempertahankan Bisnis Di Masa Pandemi (Studi Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 6(2), 114–133.

Lukman, F. S., Hasibuan, A., Setiawan, A., & Daud, M. (2020). Performance Of 25 KWP Rooftop Solar PV At Misbahul Ulum Building, Lhokseumawe City. 2020 4rd International Conference on Electrical, Telecommunication and Computer Engineering (ELTICOM), 81–86.

Lukman, F. S., Mubarak, H., & Hasibuan, A. (2022). Power Bank kWh Meter Automatic Meter Reading. RELE (Rekayasa Elektrikal Dan Energi): Jurnal Teknik Elektro, 4(2), 129–133.

Mubarak, H., Hasibuan, A., Setiawan, A., & Daud, M. (2020). Optimal Power Analysis for the Installation of On-Grid Rooftop Photovoltaic Solar Systems (RPVSS) in the Industrial Engineering Laboraturiom Building, Bukit Indah Universitas Malikussaleh Lhokseumawe Aceh. 2020 4rd International Conference on Electrical, Telecommunication and Computer Engineering (ELTICOM), 44–47.

Purwanto, E. (2020). Analisis potensi green sukuk dalam pembiayaan infrastruktur di Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Rofandy, M. Y., Hasibuan, A., & Rosdiana, R. (2022). Analysis of The Effect of Bank Capacitor Placement as Voltage Drop Increase in Distribution Network. Andalasian International Journal of Applied Science, Engineering and Technology, 2(1), 11–24.

Sanatra, D., Hardi, S., & Hasibuan, A. (2022). Strategi Peningkatan Efisiensi Penggunaan Energi Listrik Melalui Sikap Pelaku Di Politeknik Tanjung Balai. RELE (Rekayasa Elektrikal Dan Energi): Jurnal Teknik Elektro, 4(2), 116–121.

Siregar, W. V., Hasibuan, A., Khairawati, D. S., & Widarjo, W. (n.d.). Households Carbon Emissions in Aceh, Indonesia: Regulator Perspective.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Misbahul Jannah, M Muhammad, A Asran, M Muhammad