Pengenalan Inovasi Benih Unggul Dan Pupuk Bokashi Pada Kelompok Tani Budidaya Padi Sawah Desa Binaan Pulo Iboh Kabupaten Aceh Utara

Eva Wardah, Setia Budi, L Lukman

Abstract


Ketersediaan benih padi sawah unggul secara lokal merupakan solusi yang tepat ini dengan mendorong sebagian petani menjadi penangkar. Upaya ini lebih berorientasi pemberdayaan petani dan mengedepankan aspek kemandirian.  pola ini lebih menjamin ketersediaan benih unggul secara lokal, sehingga murah dan mudah didapat oleh petani. Selanjutnya kegiatan pelatihan untuk pembuatan pupuk bokashi diharapkan mampu meningkatkan ketrampilan petani untuk dapat menjawab permasalahan kelangkaan dan ketidakmampuan petani untuk mengakses pupuk anorganik karena membutuhkan biaya yang besar. Ketrampilan budidaya untuk petani yang dipersiapkan untuk penangkar juga diberikan pelatihan dan pedampingan untuk memastikan penerapan paket tehnologi untuk menghasilkan benih padi unggul. Pengabdian ini mengunakan metode Pelatihan dan Demontrasi Plot (DemPlot) kedua metode ini menjadi pendekatan yang tepat dimana partisipasi Mitra dalam peningkatan ketrampilan dan proses pedampingan dilakukan dengan langsung mempraktekkan dan secara tidak langsung proses ini menerapkan prinsip” learning by doing” belajar sambil bekerja. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian berupa pengenalan inovasi berupa benih unggul varietas IPB (IPB 3S, IPB 8G dan IPB 9G serta IPB 7R) dan pembuatan pupuk jenis Bokhasi mendapatkan sambutan dari petani mitra.  Pengunaan varietas unggul yang diperkenalkan oleh tim pengabdian telah mampu meningkatkan hasil produksi padi sawah petani mitra. kegiatan peuatan pupuk bokhasi dengan bahan baku yang mudah didapatkan oleh petani mitra, proses pembuatannya yang tidak rumit menjadi daya tarik bagi petani mitra untuk memproduksi pupuk bokashi serta menerapkan dalam kegiatan usaha pertanian khususnya pada lahan padi sawah petani mitra. Setelah mengikuti kegiatan pengenalan inovasi keberdayaan mitra terwujud dengan terjadinya peningkatan produksi serta solusi terhadap ketersediaan pupuk pada uasahatani petani mitra pengabdian.


Keywords


pemberdayaan; benih unggul; padi sawah; Demontrasi Plot (DemPlot); pupuk Bokashi

Full Text:

PDF

References


Djuarnani. (2015). Cara Cepat Membuat Kompos (Edisi Revisi). Agromedia Pustaka Jakarta.

Hajrial A. (2015). Tehnologi Produksi Optimum (IPB-Prima) PadiVarietas IPB 3S; Rekomendasi Teknologi Budidaya. Materi Pelatihan untuk Petani Penangkar Benih. Departemen Agronomi dan Hortikurtura. IPB. Bogor.

Maisura, Muhamad Achmad Chozin Iskandar Lubis Ahmad Junaedi. Hiroshi Ehara. (2014). Some Physiological Character Responses Of Rice Under Drought Conditions In A Paddy System. J. ISSAAS Vol. 20, No. 1:104-114.

Setia Budi, A. Humam Hamid, Fajri, Agussabti. (2016). Peran Penyuluh Pertanian dalam Proses Adopsi Inovasi Budidaya Benih Padi Varietas IPB 3S pada Petani Penangkar Benih Padi di Kabupaten Aceh Utara. Prosiding Seminar Nasional BKS PTN Wilayah Barat Bidang Ilmu Pertanian Lhokseumawe, 5-6 Agustus 2016; ISBN 978-602-1373-78-2

Riyatmo. (2013). Tanya Jawab Effetive Mikroorganisme 4. Departemen Kehutanan Republik Indonesia . Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eva Wardah, Setia Budi, L Lukman