Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Aceh Singkil

M Maizuar, Arnawan Hasibuan, Raihan Putri, E Ezwarsyah, M Muhammad, Z Zulnazri

Abstract


Pembuatan karya tulis ilmiah merupakan salah satu bentuk dari pengembangan profesi guru. Disamping itu, pembuatan karya ilmiah yang dipublikasikan juga merupakan salah satu syarat bagi guru untuk mengajukan kenaikan jabatan/pangkat. Guru-guru di daerah Kabupaten Aceh Singkil banyak yang mengalami kendala dalam pembuatan karya ilmiah untuk memenuhi persyaratan tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru di Kabupaten Aceh Singkil dengan tujuan (1) meningkatkan motivasi guru dalam menulis karya tulis ilmiah yang baik dan berkualitas, (2) memberikan pemahaman kepada guru tentang metode penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan berkualitas, dan (3) menghasilkan naskah/artikel oleh guru yang layak untuk dipublikasikan. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 40 guru. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan motivasi para guru untuk menulis artikel jurnal hasil penelitian. Setelah pelaksanaan pelatihan ini akan terus dilakukan pendampingan secara daring sebagai evaluasi kenerhasilan dari kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah ini. Hasil akhir dari pengabdian ini akan memberikan pengetahuan dan wawasan baru untuk pengajar (guru) dan akan di publikasikan secara nasional agar menjadi informasi bagi para pembuat kebijakan khususnya di bidang pendidikan.


Keywords


pelatihan; karya tulis ilmiah; guru;

Full Text:

PDF

References


kemdikbud.go.id. (2020). Retrieved from kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman- penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

kompas.com. (2020). Retrieved from kompas.com: https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/14/163041771/apa-itu-belajar-dari-rumah- melihat-kembali-konsep-awal?page=all

McAleer, M. (2020). Prevention Is Better Than the Cure: Risk Management of COVID-19.

Journal ofRisk and Financial Management , 13: 46.

Wang, C., Cheng, Z., Yue, X.-G., & McAleer, M. (2020). Risk Management of COVID-19 by Universities in China. Journal of Risk and Financial Management , 13: 36.

Wulandari, M., & Almenda, T. (2020). Technology for English language Learning.

Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Yue, X.-G., Shao, X.-F., Li, R. Y., Crabbe, M. J., Hu, L. M., Baker, J. S., & Liang, G. (2020).

Risk Management Analysis for Novel Coronavirus in Wuhan, China. Journal of Risk and Financial Management, 13: 2.

Khisbiyah, Yayah.2000. Struktur, Alur dan Pengorganisasian Gagasan dalam Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta. UMS Press.

Maryadi. (2000). Pengertian Karya Ilmiah. dalam Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah.

Surakarta. UMS Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M Maizuar, Arnawan Hasibuan, Raihan Putri, E Ezwarsyah, M Muhammad, Z Zulnazri