Model Pembinaan Pendidikan Agama dan Anak Usia Dini di Gampong Cot Keumuneng Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara

F Fajri, Muhammad Ali, M Mursalin

Abstract


Pendidikan agama merupakan suatu wawasan spritual yang dipahami manusia untuk dapat melakukan komunikasi dan interaksi antara sesama manusia, hubungan manusia untuk dapat berhubungan antara satu individu dengan individu yang lain dengan mempertimbangkan akidah, akhlaq dan muamalah diantara sesama manusia. Untuk itu pendidikan agama merupakan keharusan dan kewajiban bagi setiap individu untuk dapat diterapkan, dipelajari, dan diamalkan sehingga hubungan baik dan berkesinambungan akan tetap harmonis diantaranya adalah anak dengan ayah, anak dengan ibu anak dengan keluarga inti dan anak dengan lingkungan hal ini dilakukan untuk prilaku anak memiliki jiwa dan keperibadian yang cocok, baik sesuai dengan kebiasaan adat istiadat menurut perspektif agama islam dan masyarakat islam. Setiap keluarga memiliki anak, dimana anak ini harus dibina, dibesarkan, diberikan pendidikan dan diajarkan hal-hal baik dengan maksud anak tersebut memiliki perilaku mandiri sehingga bila dewasa kelak akan mudah berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungannya dimanapun berada. Kegiatan pengabdian desa lingkungan yang di buka oleh Kampus Universitas  Malikussaleh  kepada  para dosen untuk memberikan pembinaan dan model pendidikan agama yang baik untuk usia dini, remaja dan masyarakat setempat.


Keywords


Pendidikan Agama; Anak Usia Dini; TPA; TPQ

Full Text:

PDF

References


Aryani, N. (2015). Konsep pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213-227.

Daud,dkk. (2021). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sumber Dana PNBP Unimal. Aceh Utara: LPPM Universitas Malikussaleh.

Disemadi, H. S., & Roisah, K. (2019). Kebijakan Model Bisnis Bank Wakaf Mikro Sebagai Solusi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Law Reform, 15(2), 177-194.

Endang, U., & Kamila, I. N. (2018). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah (Studi Analisis Kitab Tuhfatul Maudud bi Ahkamil Maulud). Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1).

Fajarwati, I. (2014). Konsep Montessori tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam. Pendidikan Agama Islam, 11(1), 37-52.

Hasanah, N. U. (2009). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. At-Ta'dib, 4(2).

Kholiq, A. (2012). Pendayagunaan zakat, infak dan sedekah untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin di kota semarang. Jurnal riptek, 6(1), 1-7.

Muttaqin, R. (2016). Kemandirian dan pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren (studi atas peran Pondok Pesantren Al-ittifaq Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung terhadap kemandirian eknomi santri dan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitarnya). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 1(2), 65-94.

Magta, M. (2013). Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara pada anak usia dini. Jurnal pendidikan usia dini, 7(2), 221-229.

Prawoto, N. (2012). Model pengembangan dan pemberdayaan masyarakat berbasis kemandirian untuk mewujudkan ketahanan ekonomi dan ketahanan pangan (Strategi pemberdayaan ekonomi pada masyarakat Dieng di Propinsi Jawa Tengah). Jurnal Organisasi dan Manajemen, 8(2), 121-134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 F Fajri, Muhammad Ali, M Mursalin