Pelatihan Platform Arduino Bagi Siswa SMA Negeri 1 Baktiya Alue Ie Puteh Aceh Utara

K Kartika, A Asran, Henyy Erawati, E Ezwarsyah, Raihan Putri, S Salahuddin

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan pesat, salah satu system otomasi. Melalui berbagai kegiatan edukatif, pelajar mengimplementasikan sains secara mudah, murah dan menyenangkan. Salah satu kegiatan edukatif dalam memperkenalkan system otomasi kepada siswa SMA adalah pelatihan teknik pemrograman Arduino Uno. Peserta pelatihan adalah siswa SMAN 1 Baktiya Lue Ie Puteh Aceh Utara. Pelatihan pemrograman ini menggunakan pemrograman Ide Arduino sebagai media pemrograman untuk menyalakan LED, penggunaan push bottom dan 7 segment. Metode pelaksanaan dalam bimbingan ini adalah metode kolaboratif dari metode ceramah yang disampaikan oleh narasumber terkait dengan materi pemrograman arduino uno dan metode praktik pemrograman arduino uno yang diimplementasikan oleh siswa terhadap LED, penggunaan push bottom dan 7 segment. Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar, siswa dan guru pendamping antusias untuk mendengarkan penjelasan tentang Pemrograman Arduino Uno. Dari hasil pelatihan, siswa sudah dapat memahami tentang pemrograman arduino uno dan berhasil memprogam LED, penggunaan push bottom dan 7 segment dengan pemrograman arduino uno.


Keywords


Ide Arduino; Arduino Uno; LED; Push Bottom; 7 segment;

Full Text:

PDF

References


Dethan, Jacob F. N. et al. (2020). “Analisis Dampak Pelatihan Microcontroller Berbasis Arduino Di Sma Perguruan Buddhi.” Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 4(3): 237.

Manfaluhty, Mauludi, and Sinka Wilyanti. (2018. “Pelatihan Platform Arduino Untuk Fungsi Switching, Monitoring, Dan Pengontrol Bagi SMK Di Wilayah Bekasi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS 4(1): 44–64.

Tutuko, Bambang, Firdaus, and Ahmad Zarkasi. (2018). “Pelatihan Pengenalan Aplikasi Robotika Pada Siswa SMP Negeri 1 Palembang.” Prosiding Annual Research Seminar 2018 4(1): 978–79.

Yolanda, Yaspin, and Wahyu Arini. (2018). “Pelatihan Robotic Dan Teknologi Arduino Bagi Guru Mipa Dan Pelajar Sma/Smk Di Wilayah Kabupaten Musi Rawas.” JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat 1(1): 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 K Kartika, A Asran, Henyy Erawati, E Ezwarsyah, Raihan Putri, S Salahuddin