Pelatihan Merangkai Panel RUSPIN Menjadi Struktur Bangunan di Desa Uteunkot

Rinaldi Mirsa, Muhammad Muhammad, Eri Saputra, Muhammad Ardyan, Haris Alashri

Abstract


Rumah Sistem Panel Instan (RUSPIN) adalah jenis rumah modular yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan (PUSLITBANG) Permukiman Kementerian PUPR, adalah salah satu solusi dari permasalahan tingginya biaya produksi dan tidak efisiennya waktu konstruksi yang disertai dengan tidak memenuhinya persyaratan kualitas Teknik bangunan. Bangunan ini dibangun dengan sistem modular, teknologi ini menawarkan rangka bangunan pracetak dengan sistem panel yang di sambung dengan panel lain secara cepat, dengan biaya yang lebih mrah, dan efisien dari sebuah bangunan. Pelatihan pembuatan RUSPIN kepada masyarakat Desa Uteunkot, Kecamatan Muara dua, Kota Lhokseumawe diharapkan bisa menjadi alternatif mata pencaharian masyarakat. Pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi yakni sesi paparan materi dan sesi praktek. Pemaparan materi dilaksanakan pada hari pertama melalui FGD (focus group discusion). Pada sesi ini disampaikan spesifikasi teknis komponen, mutu bahan, perakitan RUSPIN. Acara dilanjutkan pelatihan secara langsung di lapangan dengan merangkai panel RUSPIN menjadi struktur bangunan. Pada sesi ini peserta langsung merakit panel RUSPIN antara panel besar dan kecil yang di ikat dengan baut. Peserta juga dapat melihat langsung contoh rumah yang dibangun dengan menerapkan teknologi RUSPIN secara utuh. Kesimpulan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat tersebut adalah menciptakan bangunan dengan menggunakan teknologi RUSPIN dengan standar guna untuk mengembangkan dan meningkatan pengetahuan dalam mengembangan usaha kepada masyarakat.


Keywords


RUSPIN, Pelatihan, Masyarakat, Mata Pencaharian

Full Text:

PDF

References


agustiningtyas, R. S., Sena, P. G., Suryantini, P. R., Rakhman, J., Sumawa, I. W. A. M., & Others. (2020). Rumah Sistem Panel Instan (Ruspin): Solusi Inovatif Membangun Rumah. Penerbit Andi.

Azhar, M. F., & Others. (2021). Pengaruh Penambahan Komponen Konektor Pada Balok Sistem Pracetak Risha Mae Terhadap Kekakuan.

Bredenoord, J. (2017). Sustainable Building Materials For Low-Cost Housing And The Challenges Facing Their Technological Developments: Examples And Lessons Regarding Bamboo, Earth-Block Technologies, Building Blocks Of Recycled Materials, And Improved Concrete Panels. Journal Of Architectural Engineering Technology, 06. Https://Doi.Org/10.4172/2168-9717.1000187

Faisal, M. (2020). Evaluasi Rumah Pracetak Modular Sederhana Dua Lantai (Studi Kasus Pada Penelitian Ruspin Balitbang Pupr).

Hasibuan, A., Siregar, W. V., & Riskina, S. (2022a). Sekelumit Keberagaman Lhokseumawe Dan Aceh Utara. Pelataran Sastra Kaliwungu.

Hasibuan, A., Siregar, W. V., & Riskina, S. (2022b). Sekelumit Keberagaman Lhokseumawe Dan Aceh Utara . Pelataran Sastra Kaliwungu.

Husein, A. M. (2022). Analisis Perbandingan Risha, Ruspin, Dan Rimae Dari Sisi Biaya, Waktu, Dan Tata Laksana. 11370.

Indra, S., Priskasari, E., & Others. (2021). Panel Beton Pracetak Untuk Elemen Struktur Rumah Dua Lantai. Infomanpro, 10(2), 107–119.

Maizuar, M., Hasibuan, A., Putri, R., Ezwarsyah, E., Muhammad, M., & Zulnazri, Z. (2022). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Di Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(1), 26–29.

Mirsa, R., Muhammad, M., Saputra, E., Hutasuhut, A. A., & Yamesa, A. (2022). Ruspin Technology Making Training In Lancang Garam Village. Abdimu: Jurnal Pengabdian Muhammadiyah, 2(2).

Mujaddid, M. U. H. S. (2021). Strategi Pendekatan Skema Pembangunan Perumahan Murah Studi Kasus: Perencanaan Kawasan Hunian, Di Desa Karangjati, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia.

Nurjannah, S. A. (2011). Perkembangan Sistem Struktur Beton Pracetak Sebagai Alternatif Pada Teknologi Konstruksi Indonesia Yang Mendukung Efisiensi Energi Serta Ramah Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Avoer Ke-3 Palembang, 26–27.

Pratama, Y. M., & Gunata, R. D. P. (2023). Analisa Proyek Pembangunan Rumah Hunian Dengan Metode Konvensional, Risha Dan Ruspin. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Putra, M. R., Siswanto, A., & Teddy, L. (2020). Penerapan Rumah Susun Panel Instan Pada Bangunan Tingkat Rendah Di Daerah Rawan Gempa Di Kota Bengkulu. Applicable Innovation Of Engineering And Science Research (Avoer), 241–245.

Raj, P. V., Teja, P. S., Siddhartha, K. S., & Rama, J. S. K. (2021). Housing With Low-Cost Materials And Techniques For A Sustainable Construction In India-A Review. Materials Today: Proceedings, 43, 1850–1855.

Umam, S. (2023). Kajian Pembangunan Dan Pembiayaan Perumahan Murah (Studi Kasus Model Perumahan Berbasis Pengembang Dan Komunitas). Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Wahyudi, I., Djakfar, L., & Rachmansyah, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Material Cetak Terhadap Waktu Dan Biaya Proyek Pembangunan Rumah Sejahtera Tapak (Rst). Media Teknik Sipil, 12(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rinaldi Mirsa, Muhammad Muhammad, Eri Saputra, Muhammad Ardyan, Haris Alashri