Sosialisasi Program Candu Diksi (Cerita Daerahku Berbasis Augmented Reality 3D) sebagai Sarana Peningkatan Krisis Kearifan Lokal di MTs Nisam

Naiza Ferona, Arnawan Hasibuan, Riezka Maghfirah, Alfin Syatriawan, M. Fitra Waldi, Misbahul Jannah, Idaryani Idaryani, Nursan Junita

Abstract


Kebudayaan Aceh memiliki keunikan yang khas sesuai dengan daerah masing-masing. Cerita rakyat menjadi salah satu keunikan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Aceh. Cerita rakyat merupakan karya sastra misalnya dongeng, mite dan lagenda yang ada di daerah tertentu yang menjadi ciri khas suatu masyarakat daerah tersebut, yang disebarluaskan melalui mulut ke mulut atau secara lisan serta menggunakan bahasa daerah masing-masing asal cerita tersebut. Melalui ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) mahasiswa membuat sebuah program kreatif dan inovatif untuk melestarikan cerita rakyat yaitu program candu diksi (cerita daerahku berbasis augmented reality 3D). Program candu diksi bertujuan untuk mengembalikan eksistensi cerita rakyat di kalangan remaja, memberikan dampak positif terhadap angka literasi moral dan perubahan perilaku di kalangan remaja Nisam, mitra mampu menjadi agen perubahan terkait upaya pelestarian budaya cerita rakyat di Aceh. Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan secara offline dengan melibatkan beberapa guru dan tim PKM–PM yang terlibat dalam program Candu Diksi (Cerita Daerahku Berbasis Augmented Reality 3D). Acara ini dilakukan di ruang guru MtS Nisam, acara ini dihadiri oleh 20 guru yang terdiri dari kepala sekolah MTs Nisam, staff dan para guru. Materi yang disampaikan oleh pemateri yaitu ketua tim PKM mencakup beberapa topik, seperti urgensi yang didapatkan dari masalah mitra, alasan memilih mitra MTs Nisam, tujuan pelaksanaan program, dampak yang dirasakan mitra, tahapan pelaksanaan program serta terkait bantuan pendanaan dari Dikti Belwama.

Keywords


Kebudayaan; Cerita Rakyat; Pengabdian; Candu Diksi

Full Text:

PDF

References


Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality Dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30–38.

Anafiah, S., & Others. (2017). Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Media Biblioterapi Bagi Anak. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 3(3).

Apriansyah, R., Hasibuan, A., Fahmi, B. L., Munawaroh, N. L., Silvia, S., Nurfadila, N., Nate, T. T., Sayuti, M., & Mursalin, M. (2023). Sosialisasi Pemberdayaan Kaum Perempuan Sebagai Upaya Penghasilan Tambahan Dari Hasil Panen Nelayan Di Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 3(1), 39–43.

Azuma, R. T. (1997). A Survey Of Augmented Reality. Presence: Teleoperators & Virtual Environments, 6(4), 355–385.

Dana, I. W., Munawwarah, D., Riyanti, M. T., Abdullah, F., Azizan, A. T., Wardoyo, B. T., Astuti, F., Suaka, I. N., Zahar, I., & Mustaqim, K. (2022). Multikultural Dan Prospek Dialog Lintas Budaya Di Era Kebebasan Berekspresi. Pustaka Larasan.

Hasibuan, A., Ardan, M. A., Rosyada, A., Azzahro, H. H., Amalia, S., Putri, M. M., Sayuti, M., Siregar, W. V., & Others. (2023). Sosialisasi Pengolahan Sampah Rumah Tangga Sebagai Upaya Membangun Kesadaran Kebersihan Di Pantai Wisata Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 1–6.

Hasibuan, A., Siregar, W. V., & Riskina, S. (2022). Sekelumit Keberagaman Lhokseumawe Dan Aceh Utara . Pelataran Sastra Kaliwungu.

Husba, Z. M. (2018). Remaja, Literasi, Dan Penguatan Pendidikan Karakter. Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara.

Laksana, D. N. L., Awe, E. Y., Sugiani, K. A., Ita, E., Rawa, N. R., & Noge, M. D. (2021). Desain Pembelajaran Berbasis Budaya. Penerbit Nem.

Leliavia, L. (2023). Literature Review: Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Sebagai Inovasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Khatulistiwa Profesional: Jurnal Pengembangan Sdm Dan Kebijakan Publik, 4(1), 1–12.

Lizawati, L., & Others. (2018). Cerita Rakyat Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Dalam Membangun Generasi Literat. Sebasa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 19–26.

Mahsa, M., Trisfayani, T., Syahriandi, S., Zahara, M., & Amna, A. (2022). Pelestarian Cerita Rakyat Di Kabupaten Bireun Dan Aceh Utara Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(2), 105–122.

Noor, F. A. (2020). Manajemen Pendidik Berbasis Kearifan Lokal. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 37–50.

Nurliana Nasution, S. T., Darmayunata, M. C. F. Y., Kom, M., Wahyuni, M. T. A. S., & Others. (2020). Augmented Reality Dan Pembelajaran Di Era Digital. Penerbit Adab.

Peddie, J. (2017). Augmented Reality: Where We Will All Live (Vol. 349). Springer.

Putri, N. S., & Ahsin, M. N. (2022). Digitalisasi Cerita Rakyat Berbasis Website. Seminar Nasional Revitalisasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era 5.0 Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar, 1(1), 60–66.

Rahmat, N. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Nilai Kearifan Lokal Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 5(05).

Sa’adah, N., Setiobudi, A., Vidyanata, D., & Others. (2023). Pengaruh Positif Emotion, Trust, Perceived Ease Of Use Terhadap Intention To Use Pada E-Commerce Di Indonesia. Parsimonia-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 87–99.

Setiadi, K. (2019). Pengaruh Kearifan Lokal Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Perilaku Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 4(1), 126–151.

Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Yetti, E., & Others. (2011). Kearifan Lokal Dalam Cerita Rakyat Nusantara: Upaya Melestarikan Budaya Bangsa. Mabasan, 5(2), 13–24.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.13073320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Naiza Ferona, Arnawan Hasibuan, Riezka Maghfirah, Alfin Syatriawan, M. Fitra Waldi, Misbahul Jannah, Idaryani Idaryani, Nursan Junita