Sosialisasi Ekonomi Kreatif di Desa Batuphat Barat

Saharuddin Saharuddin, Rahmaniar Rahmaniar, Teuku Zulkarnaen, Khairina Khairina, Hadi Iskandar

Abstract


Ekonomi kreatif merupakan ide atau gagasan yang diharapkan dapat menambah nilai ekonomi. Selain itu, ekonomi kreatif juga dianggap sebagai solusi alternatif untuk mengatasi masalah ekonomi. Generasi muda memiliki potensi besar dalam memajukan dan meningkatkan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk menyosialisasikan konsep ekonomi kreatif kepada masyarakat, terutama di Desa Batuphat Barat, agar mereka memiliki motivasi tinggi untuk terlibat dalam ekonomi kreatif. Sosialisasi adalah proses yang membantu masyarakat belajar dan beradaptasi dengan cara hidup serta pola pikir yang sesuai, sehingga mereka memperoleh pemahaman tentang norma-norma sosial yang berlaku di masyarakat. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengembangan keterampilan dalam bidang ekonomi kreatif. Kegiatan pengabdian ini berlangsung selama tiga bulan dengan tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Setelah dilaksanakan sosialisasi dengan tema "Peran Generasi Muda dalam Ekonomi Kreatif", mitra pemuda-pemudi mampu meningkatkan pemahaman dan mengembangkan kemampuan di bidang ekonomi kreatif di tengah masyarakat. Mereka juga berhasil meningkatkan pemahaman dan pengembangan kemampuan mengenai peran generasi muda dalam ekonomi kreatif.


Keywords


Ekonomi Kreatif; Pemuda; Sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Adi, K. (2020). Sosialisasi Perubahan Perilaku Masyarakat Pada Era Pandemi Covid-19 Di Desa Jatisari. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 3(1), 43–59.

Chadhiq, U. (2007). Memahami Perilaku Konsumen Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Akses: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(3).

Djuyandi, Y. (2014). Efektivitas Sosialisasi Politik Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014 Oleh Komisi Pemilihan Umum. Humaniora, 5(2), 1202–1212.

Elyas, A. H., Iskandar, E., & Suardi, S. (2020). Inovasi Model Sosialisasi Peran Serta Masyarakat Kecamatan Hamparan Perak Dalam Pemilu. Warta Dharmawangsa, 14(1).

Ginting, A. M. (2023). Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Kajian, 25(4), 285–300.

Ginting, A. M., Rivani, E., Saragih, J. P., & Wuryandani, D. (2018). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Harjawati, T. (2020). Model Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Syariah Di Provinsi Banten. Al Maal: Journal Of Islamic Economics And Banking, 1(2), 187–206.

Hasibuan, A., Sayuti, M., Fithra, H., Siregar, W. V., Mariyudi, M., Puspasari, C., Hasibuan, M. R. F., Fadhilati, N. I., & Al Farizi, R. (2023). Sosialisasi Penanganan Dini Kebakaran Pada Sekolah Di Lhokseumawe-Aceh Utara. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 3(2), 95–99.

Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. P. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal Of Economic, Business And Engineering (Jebe), 1(1), 24–31.

Juleha, S., Rasidin, R., & Lisa, N. P. (2022). Pelatihan Pembuatan Produk Bakso Stik Dari Olahan Ikan Bandeng Pada Desa Alue Dua Muka O Sebagai Bentuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 473–478.

Luhuri, G. A. (2021). Rencana Bisnis Pendirian Usaha Pakaian Aruna/Gagah Amra Luhuri/75160333/Pembimbing: Brastoro.

Marminingsih, M. (2019). Pemanfaatan Limbah Tepung Tapioka Untuk Kripik Lamuk Ditinjau Dari Konomi Kreatif Di Desa Bulusari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Iain Kediri.

Maryanti, S., Widayat, P., & Lubis, N. (2023). Prospek Ekonomi Indonesia: Perspektif Makroekonomi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 146–155.

Maulana, H., & Others. (2023). Analisis Regionalisasi Dan Estimasi Wakaf Tanah Di Provinsi Aceh.

Noperman, F. (2022). Inovasi Pembelajaran: Dari Ide Kreatif Di Kepala Sampai Praktik Inovatif Di Kelas. Laksbang Pustaka.

Noviyanti, R. (2017). Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Di Lingkungan Pesantren: Studi Kasus Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj, 1(1), 77–99.

Rahman, D. N. (2021). Pengaruh Tenaga Kerja Ekonomi Kreatif Dan Ekspor Produk Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rahmawati, F. (2009). Pengembangan Industri Kreatif Melalui Pemanfaatan Pangan Lokal Singkong. Seminar Nasional “Peran Pendidikan Kejuruan Dalam Pengembangan Industri Kreatif, 21.

Siregar, R. T., Rahmadana, M. F., Nainggolan, P., Basmar, E., & Siagian, V. (2021). Ekonomi Industri. Yayasan Kita Menulis.

Waziana, W., Sari, D. N., Saputra, R. H., & Hendrawan, E. (2023). Pelatihan Membangun Ekonomi Kreatif Menggunakan Digital Marketing Pada Umkm Sentra Industri Tahu Pekon Gading Rejo. Jurnal Dedikasi Untuk Negeri (Jdn), 2(2).

Zahra, A. A. (2023). Sosialisasi Ekonomi Kreatif Di Desa Wates Jaya. Almujtamae: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 55–61.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.13071230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Saharuddin Saharuddin, Rahmaniar Rahmaniar, Teuku Zulkarnaen, Khairina Khairina, Hadi Iskandar